Peran Program Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah (Mdta) Dalam Memperbaiki Adab Anak-Anak Desa Tanjung Kasau

Penulis

  • Yusman STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Maryadi STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Robbil Siregar STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Fahri Najwansyah STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Iqbal Wahyuda Purba STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Lala Juliyanti STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Siti Nurzeda Ritonga STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Ike Widari STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Lapangan, Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah

Abstrak

Pendidikan keagamaan adalah pendidikan non formal yang sebaiknya ada dalam sebuah desa. Pendidikan ini sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak. Jika nilai-nilai agama Islam hilang, maka akan sangat mempengaruhi akhlak dan moral generasi bangsa. Khawatir akan hal itu dan dikarenakan belum adanya program sekolah sejenis ini di desa Tanjung Kasau, maka mahasiswa KKN STAI Tebingtinggi Deli 2024 membuat program kerja MDTA (Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah) yang di harapkan dapat membantu anak-anak desa Tanjung Kasau untuk lebih mengenal, mengetahui, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Disamping itu, program kerja lainnya yaitu les gratis, membantu kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan mengadakan perlombaan azan dan surah pendek dalam rangka memperingari isra’mi’raj nabi Muhammad SAW 1445 H. Pelaksanaan program kerja ini dilakukan sesuai dengan jadwalnya masing-masing terhitung mulai tanggal 30 Januari sampai 02 Maret 2024. Hasil dari program kerja ini adalah adab anak-anak desa yang berubah menjadi lebih baik, mengaji iqra ataupun Al Quran semakin lancar, tambahan tenaga kerja kepada warga desa pemilik UMKM, dan suasana desa yang lebih hidup dengan adanya perlombaan dan isra’mi’raj. Berdasarkan hasil pelaksanaan program, dapat disimpulkan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanaan mahasiswa KKL dapat membawa dampak positif bagi warga desa Tanjung Kasau.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ramlan. (2001). Problematika Remaja Dewasa ini dan Solusinya. Mimbar Agama dan Budaya, 18(2).

Sutarmadji, A. (2007). Meningkatkan Fungsi dan Manajemen Masjid. Dalam U. A. Syafri et al. (Ed.), Da’wah Mencermati Peluang dan Problematikanya (hal. xx-xx). Jakarta: STID Mohammad Nasir Press.

Hatta, M. (1966). Peran Pemuda Menuju Indonesia Merdeka Indonesia Adil dan Makmur. Bandung: Angkasa.

Harahap, S. S. (1996). Manajemen Masjid. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Munawwir, A. W. (1984). Kamus Al-Munawwir. Yogyakarta: PP. Al-Munawwir Krapyak.

Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.

Suningsih, R., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SD Negeri No. 107441 Pematang Guntung Kec. Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 133-138.

Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., ... & Handayani, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 44-54.

Handayani, F., Sagala, A. H., Dlt, H. M., Nurhaliza, I., Zahra, L., Akbar, P., ... & Hasanah, U. (2023). Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Di Sma Cerdas Murni. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2060-2065.

Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887-894.

Julyanti, N., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). The influence of the Completeness of Islamic Religious Education Learning Facilities on Student Learning Outcomes at UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo Medang Deras District Coal District. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 55-61.

Sahara, A., Parinduri, S. A., & Nasution, H. S. (2023). The Role Of Islamic Community Figures In Fostering Youth Religious Activities At The Al-Amin Mosque In Kuala Tanjung Village, Sei Suka District, Batu Bara Regency. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 87-92.

Prayogi, E., Idris, M., & Pratiwi, I. D. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Sebagai Bentuk Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 161-166.

Pratiwi, I. D. (2023). Telaah Buku Referensi Sejarah Pendidikan Islam Di Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi Deli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3119-3127.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Yusman, Maryadi, Siregar, R., Najwansyah, F., Purba, I. W., Juliyanti, L., Ritonga, S. N., & Widari, I. . (2024). Peran Program Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah (Mdta) Dalam Memperbaiki Adab Anak-Anak Desa Tanjung Kasau. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 33-38. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/46

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 36

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.