Upaya Meningkatkan Kesadaran Dan Partisipasi Siswa Dalam Mencegah Bullying Melalui Sosialisasi StopBullying Di SD Negeri 165735 Kelurahan Karya Jaya Kota Tebing Tinggi
Kata Kunci:
Perundungan, Sekolah Dasar, Anak-anak, SosialisasiAbstrak
Perundungan merupakan masalah serius yang dapat menghambat perkembangan psikologis dan sosial anak-anak, terutama di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dikarenakan kasus perundungan seringkali tidak terdeteksi sejak dini, padahal dampaknya sangat signifikan, mulai dari penurunan motivasi belajar dan kepercayaan diri hingga munculnya perilaku menyimpang. Oleh karena itu, upaya pencegahan perlu dilakukan melalui kegiatan yang melibatkan siswa dan guru. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 165735 Karya Jaya Tebing Tinggi dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan bahaya perundungan dan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan penuh empati. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, konseling, diskusi interaktif, peran bermain, dan pembagian brosur edukatif. Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas empat dan guru. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengenali dan mencegah perundungan. Guru juga menunjukkan dukungan positif. Program ini diharapkan menjadi awal pembentukan budaya sekolah yang inklusif, toleran, dan ramah anak
Unduhan
Referensi
KPAI. (2022). Laporan Tahunan Perlindungan Anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia
Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in Schools: The State of Knowledge and Effective Interventions. Psychology, Health & Medicine, 22(sup1), 240–253.
Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya mengurangi bullying anak usia sekolah dasar melalui kegiatan sosialisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Nuryani, E., & Andriani, R. (2023). Bullying di Sekolah Dasar: Bentuk, Dampak, dan Penanggulangannya. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 23–34.
Permatasari, I., & Widodo, A. (2022). Pendidikan Karakter sebagai Strategi Pencegahan Bullying di SD. Jurnal Pendidikan Moral, 10(3), 88–97
Rahman, A., & Utami, S. (2023). Sosialisasi Kebijakan Anti-Bullying dan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikandan Kebijakan, 12(2), 110-125
Sa’ida, N. and Kurniawati, T. (2023) ‘EDUKASI STOP BULLYING PADA ANAK Naili Sa’ida, Tri Kurniawati’, Jurnal Consortium,3(2), pp. 159–164.
Saiful Rahman, A.F. et al.(2021) ‘Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara’, JMM -Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2).
Sasmita, A. R. S., Hartono, L. V. I. P., & Fauziah, N. (2024). Pencegahan perilaku bullying dengan peningkatan pengetahuan melalui sosialisasi anti bullying di MI Muhammadiyah Krendetan. Bagelen Community Service.
Sofiana, P. D., Wahyuni, A. R., et al. (2024). Sosialisasi pencegahan bullying sebagai edukasi dini di SDN 02 Kudus Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Indonesia.
Sutanto, H., & Ramadhani, L. (2021). Budaya Diam dalam Sekolah dan Tantangan Pencegahan Bullying. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 6(2), 67–80.
Utami, I. S., Alinurdin, & Susi. (2024). Sosialisasi perilaku anti bullying upaya pencegahan perundungan di sekolah dengan edukasi pendidikan karakter. Pro Bono: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Yulianto, A., Ansori, R. W., et al. (2024). Pencegahan tindakan bullying di sekolah dasar melalui kegiatan pondok ramadan. Jurnal Indonesia Mengabdi.
Handayani, M. (2018). Jurnal Prima Edukasia , 6 ( 2 ), 2018 , 166-176 Developing Thematic-Integrative Learning Module with Problem-Based Learning Model for Elementary School Students. 6(2), 166–176.
Nasution, A. A., Siregar, R. W., & Usnur, U. H. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Fiqih Dengan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Washliyah Bandar Rejo Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun. ALACRITY: Journal Of Education, 1(2), 78–89. https://doi.org/https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.35
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ali Syahlan, Indi Khairun Nisa, Aqilla Zahra Damanik, Irvan Maulana, Rindi Antika, Abdul Zikri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








