Strategi Mahasiswa KKL Dalam Mengatasi Problematika Membaca Pada Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Pinang Mancung

Penulis

  • Iskandar Zulkarnain Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Azhari Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Khoirul Akmal Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Bella Amanda Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Mella Syahpira Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis
  • Raudhatun Nazwa Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Strategi KKL, Problematika Membaca, Anak Sekolah Dasar, Literasi, Pinang Mancung

Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang berfokus pada pemecahan masalah lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mahasiswa KKL dalam mengatasi permasalahan membaca pada anak sekolah dasar di Kelurahan Pinang Mancung, Kota Tebing Tinggi. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pelaksanaan program KKL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat baca dan kurangnya fasilitas pendukung menjadi hambatan utama dalam pengembangan kemampuan membaca anak. Strategi yang diterapkan mahasiswa meliputi pembelajaran membaca berbasis permainan edukatif, program literasi sore, dan pemberian motivasi melalui kompetisi membaca. Implementasi strategi ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca, antusiasme, serta kepercayaan diri anak. Penelitian ini merekomendasikan perlunya sinergi antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan literasi yang berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Dharma, Dwitya Sobat Ady. 2022. “Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif Di Sekolah.” Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL) 3(2): 115–23.

Fajarrinnur, Adha, Kusrotul Muhayyadah, Rahmawatie Rahmawatie, Rona Sekar Ayu, Luthfi Aulia Rahman, Amanour Hakim, Rina Yayang Sari, et al. 2024. “Peran Mahasiswa KKN Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SDN 1 Petuk Katimpun.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 5(1): 815–21.

Fauziah, Hanif, and Muhammad Taufik Hidayat. 2022. “Jurnal Basicedu.” Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar ”Ayo Belajar Membaca” dan ”Marbel Membaca” pada Siswa Sekolah Dasar 6(3): 4825–32.

Harianto, Erwin. 2020. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 9(1): 1–8.

Hartati, Hartati. 2020. “Efektivitas Penggunaan Metode Bermain (Kartu Huruf Dan Gambar) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu.” GHAITSA: Islamic Education Journal 1(1): 32–41.

Hidayati, Anisa, Muhammad Sholeh, Desnita Fitriani, Puji Isratulhasanah, Siti Marwiyah, Nadila Putri Rizkia, Dewi Fitria, and Armanta Sembiring. 2024. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1): 75–80.

Kholidah, Diana, and Mukani Mukani. 2024. “Metode Literasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.”

Lestari, Frita Dwi, Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, and Pance Mariati. 2021. “Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 5087–99.

Manurung, Nabila Tasya Nurhafifah, Adisti Eka Pratiwi, and Alwi Shihab Hidayah. 2023. “Peningkatan Minat Baca Dan Literasi Anak-Anak Sekolah Dasar Melalui Program Pojok Baca Di SDN 040527 Bersama Mahasiswa KKN UINSU 108 Di Desa Tiga Panah Kec. Tiga Panah Kab. Karo.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 4(3): 2642–47.

Mariamah, Mariamah, IBPB Putrayasa, and Nyoman Sudiana. 2022. “Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(1).

Nurul Risna Oktavia. 2024. “Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa 2(2): 01–10. doi:10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3163.

Pasehah, Awanda Mislul, and Dani Firmansyah. 2020. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data.” Prosiding Sesiomadika 2(1d).

Perwitasari, Tsany Sahara, and Agung Setyawan , Mamluatur Rohmah. 2025. “Analisis Kesulitan Membaca Dan Menulis Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran 4(2). doi:10.62518/zzxbj692.

Pratama, Muh Putra, Yulius Pakiding, and Sandra Palangan. 2025. “Edukasi Dan Pendampingan Literasi Baca Bagi Daerah Dengan Akses Terbatas Terhadap Perpustakaan.” To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat 8(1): 208–18.

Ramadhanti, Nurul Qayla, Mega Nurrizalia, and Henny Helmi. 2025. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Kelurahan 2 Ulu Kota Palembang Sepanjang Hayat . Anak Dengan Minat Baca Tinggi Memiliki Kemampuan Adaptasi Lebih Baik Orang Tua Di Lingkungan Domestik , Ketika Orang Tua Menjalankan Perannya Sebagai Te.” Inovasi : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 4(September): 720–33.

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81–95.

Roosinda, Fitria Widiyani, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, Hastin Umi Anisah, Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Siti Hadiyanti Dini Islamiati, Kadek Ayu Astiti, Nurul Hikmah, and Muhammad Iqbal Fasa. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Rosma. 2023. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI TK HATI MULIA PARANG BANTAENG.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 6(3): 712–21.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Zulkarnain, I., Azhari, Akmal, K., Amanda, B. A., Syahpira, M., & Nazwa, R. (2025). Strategi Mahasiswa KKL Dalam Mengatasi Problematika Membaca Pada Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Pinang Mancung. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 68-75. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/521

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 59

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.