Eksplorasi Bakat Dan Minat Sebagai Dasar Pemilihan Jurusan Dan Karir Siswa SMA Ponpes Daarul Syuhada Di Kelurahan Lubuk Baru Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara
Kata Kunci:
Bakat, Minat, Jurusan, Karir, Siswa SMA, KKLAbstrak
Pemilihan jurusan dan karir merupakan keputusan penting bagi siswa SMA yang akan menentukan masa depan mereka, namun sering kali dihadapkan pada kebingungan karena kurangnya pemahaman mengenai potensi diri. Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa STAI di SMA Ponpes Daarul Syuhada, Kelurahan Lubuk Baru, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi dilaksanakan untuk membantu siswa mengeksplorasi bakat dan minat sebagai dasar pemilihan jurusan dan karir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, sosialisasi, diskusi interaktif, dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki minat pada bidang keagamaan, kewirausahaan, dan teknologi, namun sebagian masih bingung menentukan pilihan karena keterbatasan informasi dan pengaruh lingkungan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa mengenai pentingnya mengenali bakat dan minat sejak dini, sekaligus memberikan manfaat bagi sekolah dalam layanan bimbingan karir serta bagi mahasiswa dalam penerapan ilmu di lapangan
Unduhan
Referensi
Ahmad, M. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.
Ali, M., & Asrori, M. (2020). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Corey, G. (2021). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Cengage Learning.
Depdiknas. (2020). Panduan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Gagné, F. (2019). Talent Development as a Paradigm Shift. New York: Routledge.
Hidayat, A. (2022). “Eksplorasi Minat Karir Siswa SMA”. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia.
Hurlock, E. B. (2020). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Johnstone, K. (2021). Career Counseling in Schools. New York: Springer.
Kartadinata, S. (2022). Bimbingan dan Konseling: Landasan dan Aplikasi. Bandung: UPI Press.
Lestari, S., & Handayani, T. (2019). “Hubungan Minat dan Prestasi Belajar dengan Pemilihan Jurusan”. Jurnal Pendidikan.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandir. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Bakat Minat Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Prayitno. (2021). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Putri, R. (2023). “Pemetaan Minat dan Bakat Peserta Didik SMA”. Jurnal Psikologi Pendidikan.
Rahman, F. (2022). “Strategi Eksplorasi Karir Siswa di Era Digital”. Jurnal BK dan Karir. Santrock,
J. W. (2021). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.
Seligman, L. (2019). Career Counseling: Theory and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Sharf, R. S. (2020). Applying Career Development Theory to Counseling. Boston: Cengage Learning.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, D. K. (2021). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatin, T. (2020). Konseling Karir dan Pemilihan Jurusan. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dokumentasi KKL SMA Ponpes Daarul Syuhada, Kelurahan Lubuk Baru, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi (2025).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ali Hasyimi, Kasran, Nasrohan Pulungan, Habib Rizky Hanafi, Diah Nurlita, Nabila Anggia Putri, Nia Asriani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








