Peran Dan Upaya Guru Dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas 1 Di SD Islam Tegar Tangguh Kampung Gunung
Kata Kunci:
Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Prilaku Siswa, Permasalahan Belajar SiswaAbstrak
Permasalahan belajar siswa merupakan situasi yang terus dihadapi oleh tenaga pendidik atau guru, dan guru memiliki tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan tersebut. Permasalahan belajar Merujuk pada situasi dimana siswa mengalami kendala dalam menjalani kewajibannya sebagai seorang pelajar, sehingga mengakibatkan kurangnya kepuasan dalam proses dan hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh ketidak sesuaian antara kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas dan tuntutan yang diberikan. Maka disinilah seorang tenaga pendidik perlu melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan belajar siswa, sehingga siswa tidak terus tertinggal. Guru memegang peranan yang krusial dalam membangun serta merangsang pertumbuhan minat belajar siswa. Upaya guru tidak hanya terbatas pada pengajaran materi pelajaran, tetapi juga melibatkan strategi untuk mengoptimalkan minat siswa terhadap pembelajaran. Tenaga pendidik harus berusaha menciptakan suasana yang memotivasi, menarik, dan membangkitkan antusiasme siswa sehingga mereka mempunyai minat untuk mengikuti pembelajaran. Upaya bantuan tersebut meliputi pemberian remedial atau perbaikan, penyediaan materi pengayaan, pemberian tugas dan latihan mandiri, penggunaan media, pemberian motivasi, penerapan model atau metode yang beragam, dan jika upaya yang telah dilakukan guru belum berhasil, guru dapat melibatkan keluarga siswa untuk membantu membimbing siswa saat proses belajar. Karena, seperti yang diketahui, pengaruh lingkungan keluarga, khususnya peran orang tua, juga ikut berkontribusi pada faktor belajar siswa. Dukungan yang diberikan oleh orang tua memiliki peran penting dalam mempengaruhi proses belajar siswa, seperti memberikan bimbingan saat mengerjakan tugas rumah, memiliki dampak yang signifikan pada proses belajar siswa
Unduhan
Referensi
Dinda, P. D. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal For Lesson And Learning Studies, 4(1), 30–36.
Pratiwi, N. K. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83–91.
Riri Zulvira, N. &. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.
Saonah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Di Kelas I . Jurnal Elementaria Edukasia, 1(1), 101–107.
Havighurst, R.J. 1984. Perkembangan Manusia Dan Pendidikan. Bandung: Jemmers
Ina, Dkk. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 283-295.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41-49.
Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(1), 30-36;
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lydia Sartika, Widiyanti (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.