Dampak Penggunaan Gadget Dan Media Sosial Terhadap Pelajaran PAI Di MTs Al-Washliyah Sei Langgei
Kata Kunci:
Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Prilaku Siswa, Dampak Gedget, Kecanduan Media SosialAbstrak
Program magang yang dilaksanakan di MTS Swasta Al-Washliyah Sei Langgei mengungkapkan berbagai permasalahan mendasar dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Permasalahan utama yang ditemukan adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI serta dampak negatif penggunaan gadget dan media sosial yang mempengaruhi perilaku siswa. Rendahnya minat belajar berdampak pada kurangnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sementara penggunaan gadget dan media sosial secara berlebihan menyebabkan munculnya perilaku negatif seperti kecanduan gadget, penurunan prestasi akademik, dan kurangnya interaksi sosial. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan berbagai inovasi pembelajaran seperti penggunaan lagu islami, video edukatif, diskusi kelompok, dan ice breaking. Di sisi lain, upaya penanggulangan dampak negative penggunaan gadget dan media sosisl dilakukan melalui pengawasan, pemanfaatan gadget dan media sosial secara positif, kegiatan ekstrakurikuler, serta pembinaan karakter. Temuan ini menekankan pentingnya strategi pembelajaran yang menarik dan pengelolaan teknologi yang bijak untuk meningkatkan mutu pendidikan dan membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia
Unduhan
Referensi
Daulay, H. P. (2016). Pendidikan Islam Dalam Persfektif Filsafat. Penerbit Kencana Prenamedia Group.
Hawi, A. (2017). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers.
Jazilah. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ilmuna : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1. https://doi.org/ttps://doi.org/1054437/ilmuna.v3i1.211
Muslim. (2019). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI Dalam Melaksanakan Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru MAN 1 Yogyakarta). State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta., 2(3).
Rosidin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Maqashid Syariah Dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. PT Raja Grafindo, Rajawali Pers.
Samsul Nizar, dan Z. E. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Membangun Kerangka Pendidikan Ideal. Penerbit Kencana.
Sari, Purba, Umayroh, Munawaroh, & A. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Akademi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234
Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.
Zakiah Darajhat, D. (2017). Ilmu Pendidikan Islam (Bumi Aksara (ed.)).
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lidya Sartika, Andri Priatma (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.