Pemanfaatan Aplikasi Wayground Sebagai Pembelajaran Interaktif Di MA Darul Amin Palangka Raya
Kata Kunci:
Wayground, Pembelajaran Interaktif, Literasi DigitalAbstrak
Pemanfaatan aplikasi Wayground sebagai media pembelajaran interaktif di Madrasah Aliyah (MA) Darul Amin Palangka Raya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research yang melibatkan guru dan siswa secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa penggunaan Wayground mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa melalui fitur kuis digital, diskusi interaktif, dan evaluasi real-time. Guru memperoleh kemudahan dalam mengelola kegiatan belajar serta memantau perkembangan siswa dengan lebih efisien. Selain itu, pembelajaran berbasis Wayground mampu memperkuat pemahaman konsep siswa dan menumbuhkan motivasi belajar yang lebih tinggi. Meskipun terdapat kendala teknis seperti kestabilan jaringan internet dan adaptasi awal penggunaan aplikasi, hal tersebut dapat diatasi dengan pelatihan dan dukungan teknis sederhana. Secara keseluruhan, penerapan Wayground di MA Darul Amin memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan mendukung integrasi nilai keislaman dengan literasi digital di lingkungan madrasah.
Unduhan
Referensi
Hanafi, M. (2024). The Effectiveness of the Teacher Professional Education Program in Improving Pedagogical and Professional Competence in the Digital Era. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 751–759.
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(01), 1910–1924. https://doi.org/Vol 10, No 01, November-2020 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpp
Nugroho, I. A., & Suleman, M. A. (2025). Integration Internet of Things ( IoT ) and ChatGpt in The Teaching of Photosynthesis and Water Quality at SDN 2 Lebo. 11(7), 844–853. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i7.12156
Ridwan, A. (2024). The Concept Directions of Development 21st Century Vocational Education. 39, 80–92.
Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Indonesia, P. S., Jambi, U., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., & Jambi, U. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. 4(1), 55–64. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2347
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad, Abdul Azis, Lutfi Rasyad (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








