Pemanfaatan Aplikasi Wayground Sebagai Pembelajaran Interaktif Di MA Darul Amin Palangka Raya

Penulis

  • Ahmad Universitas Islam Negeri Palangka Raya Penulis
  • Abdul Azis Universitas Islam Negeri Palangka Raya Penulis
  • Lutfi Rasyad Madrasah Aliyah Swasta Darul Amin Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Wayground, Pembelajaran Interaktif, Literasi Digital

Abstrak

Pemanfaatan aplikasi Wayground sebagai media pembelajaran interaktif di Madrasah Aliyah (MA) Darul Amin Palangka Raya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research yang melibatkan guru dan siswa secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa penggunaan Wayground mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa melalui fitur kuis digital, diskusi interaktif, dan evaluasi real-time. Guru memperoleh kemudahan dalam mengelola kegiatan belajar serta memantau perkembangan siswa dengan lebih efisien. Selain itu, pembelajaran berbasis Wayground mampu memperkuat pemahaman konsep siswa dan menumbuhkan motivasi belajar yang lebih tinggi. Meskipun terdapat kendala teknis seperti kestabilan jaringan internet dan adaptasi awal penggunaan aplikasi, hal tersebut dapat diatasi dengan pelatihan dan dukungan teknis sederhana. Secara keseluruhan, penerapan Wayground di MA Darul Amin memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan mendukung integrasi nilai keislaman dengan literasi digital di lingkungan madrasah.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Hanafi, M. (2024). The Effectiveness of the Teacher Professional Education Program in Improving Pedagogical and Professional Competence in the Digital Era. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 751–759.

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(01), 1910–1924. https://doi.org/Vol 10, No 01, November-2020 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpp

Nugroho, I. A., & Suleman, M. A. (2025). Integration Internet of Things ( IoT ) and ChatGpt in The Teaching of Photosynthesis and Water Quality at SDN 2 Lebo. 11(7), 844–853. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i7.12156

Ridwan, A. (2024). The Concept Directions of Development 21st Century Vocational Education. 39, 80–92.

Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Indonesia, P. S., Jambi, U., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., & Jambi, U. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. 4(1), 55–64. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2347

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Ahmad, A., Azis, A., & Rasyad, L. . (2025). Pemanfaatan Aplikasi Wayground Sebagai Pembelajaran Interaktif Di MA Darul Amin Palangka Raya. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 143-146. https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/641

Artikel Serupa

1-10 dari 28

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.