Revitalisasi Permainan Tradisional Ayunan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikososial Anak Usia Dini Di Lingkungan Pondok Pesantren Minhajul Huda
Kata Kunci:
Permainan Tradisional, Ayunan, Kesejahteraan Psikososial, Anak Usia Dini, Pondok PesantrenAbstrak
Permainan tradisional memiliki nilai edukatif dan sosial yang tinggi, terutama dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Namun, modernisasi dan pergeseran gaya hidup menyebabkan permainan tradisional seperti ayunan mulai ditinggalkan. Pengabdian ini bertujuan untuk merevitalisasi permainan tradisional ayunan sebagai media peningkatan kesejahteraan psikososial anak usia dini di lingkungan Pondok Pesantren Minhajul Huda. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap anak-anak usia 4–6 tahun serta pengasuh pesantren. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan permainan ayunan secara rutin dan terstruktur memberikan dampak positif terhadap aspek emosi, interaksi sosial, dan rasa percaya diri anak. Selain itu, aktivitas ini mampu menciptakan suasana bermain yang aman, menyenangkan, dan sesuai dengan nilai-nilai pesantren. Revitalisasi permainan ayunan terbukti menjadi sarana efektif dalam mendukung kesejahteraan psikososial anak usia dini, serta memperkuat kembali warisan budaya lokal yang mulai terpinggirkan.
Unduhan
Referensi
Arumsari, D. (2020). Perkembangan Psikososial Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. (2018). Permainan Tradisional Anak Sebagai Warisan Budaya. Jakarta: Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. S. & Lestari, I. (2022). “Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Psikososial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpa.v10i1.1234
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.
Siregar, E. & Nara, I. M. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Suharni, D. (2019). “Revitalisasi Permainan Tradisional dalam Menumbuhkan Nilai Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.26121
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eko Apri Prasetyo, Puji Rahayu, Selly Marita (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.








