Hubungan Antara Efektifitas Layanan Bimbingan Kongseling Dengan Motivasi Di Pondok Pesantren Salafiyah Al Islamiyah Minhajussa’adah
Kata Kunci:
Efektivitas Bimbingan Konseling, Motivasi, Pendekatan Kualitatif, Pondok PesantrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara efektivitas bimbingan konseling dengan motivasi santri di pondok pesantren Salafiyah Al-Islamiyah Minhajussa’adah melalui pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari santri, pembimbing konseling, dan pengelola pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling yang diterapkan di pesantren memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi santri. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas bimbingan konseling antara lain pendekatan personal yang humanis, kehadiran konselor yang responsif terhadap kebutuhan santri, serta penerapan teknik-teknik konseling yang sesuai dengan nilai-nilai pesantren. Selain itu, bimbingan konseling tidak hanya berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar, tetapi juga pada aspek motivasi spiritual dan sosial santri. Penelitian ini menyarankan agar pengelolaan bimbingan konseling di pondok pesantren dapat lebih diperkuat, dengan mempertimbangkan karakteristik santri dan kebutuhan mereka dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Akhmad Setyawan, dkk, (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5 (2)
Eka Sumbulatim Miatu Habbah, dkk, (2023). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah PGSD. 7 (1)
Eni Latifah, (2023). Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah Banyu Urip Caturharjo Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. 13 (2)
Fariz Maulana Triyantoro, dkk, (2024). Efektivitas Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner. 8 (5)
Muhammad Alfi, (2024). Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. 2 (3)
Wahyu Felix Ardiyanto , dkk (2024). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Hubungan Sosial Santri Pondok Pesantren, Jurnal Kajian Ilmiah Interdisipliner. 8 (1)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sukatin, Muammar Qadafi, Desta Nirmala Sari, Winda Depita Sari, Syifa Munawarah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.