Hubungan Antara Efektifitas Layanan Bimbingan Kongseling Dengan Motivasi Di Pondok Pesantren Salafiyah Al Islamiyah Minhajussa’adah

Penulis

  • Sukatin Universitas Islam Batang Hari Penulis
  • Muammar Qadafi Universitas Islam Batang Hari Penulis
  • Desta Nirmala Sari Universitas Islam Batang Hari Penulis
  • Winda Depita Sari Universitas Islam Batang Hari Penulis
  • Syifa Munawarah Universitas Islam Batang Hari Penulis
  • Khorinnisa Universitas Islam Batang Hari Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas Bimbingan Konseling, Motivasi, Pendekatan Kualitatif, Pondok Pesantren

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara efektivitas bimbingan konseling dengan motivasi santri di pondok pesantren Salafiyah Al-Islamiyah Minhajussa’adah melalui pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari santri, pembimbing konseling, dan pengelola pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling yang diterapkan di pesantren memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi santri. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas bimbingan konseling antara lain pendekatan personal yang humanis, kehadiran konselor yang responsif terhadap kebutuhan santri, serta penerapan teknik-teknik konseling yang sesuai dengan nilai-nilai pesantren. Selain itu, bimbingan konseling tidak hanya berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar, tetapi juga pada aspek motivasi spiritual dan sosial santri. Penelitian ini menyarankan agar pengelolaan bimbingan konseling di pondok pesantren dapat lebih diperkuat, dengan mempertimbangkan karakteristik santri dan kebutuhan mereka dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Akhmad Setyawan, dkk, (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Bimbingan dan Konseling. 5 (2)

Eka Sumbulatim Miatu Habbah, dkk, (2023). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah PGSD. 7 (1)

Eni Latifah, (2023). Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Latifah Mubarokiyah Banyu Urip Caturharjo Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. 13 (2)

Fariz Maulana Triyantoro, dkk, (2024). Efektivitas Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner. 8 (5)

Muhammad Alfi, (2024). Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. 2 (3)

Wahyu Felix Ardiyanto , dkk (2024). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Hubungan Sosial Santri Pondok Pesantren, Jurnal Kajian Ilmiah Interdisipliner. 8 (1)

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Sukatin, Qadafi, M., Sari, D. N., Sari, W. D., Munawarah, S., & Khorinnisa. (2025). Hubungan Antara Efektifitas Layanan Bimbingan Kongseling Dengan Motivasi Di Pondok Pesantren Salafiyah Al Islamiyah Minhajussa’adah. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 187-192. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/304

Artikel Serupa

1-10 dari 100

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.