Pasar Persaingan Sempurna

Penulis

  • Adinda Aurahmah Syari Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Mhd. Amsar Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Suci Citra Pratiwi Daulay Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Arief Fitrah Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Pasar, Persaingan Sempurna

Abstrak

Pasar menurut istilah ekonomi dapat kita jelaskan bahwa pasar merupakan tempat bertemunya baik penujual maupun pembeli guna melakukan. transaksi pembelian dan penjualan barang ataupun jasa, sehingga nanti tercipta harga keseimbangan sebagai harga yang berlaku di pasar saat itu dan juga dapat menetapkan jumlah yang nantinya diperdagangkan. Dengan demikian dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pada setiap pertemuan atara penjual maupun pembeli akan terbentuk suatu harga. keseimbangan sebagai harga yang disepakati antara pihak penjual dan juga pembeli. Seringkali kita melihat pasar yang ada di sekitar kita dalam bentuk pasar kongkret atau nyata bisa dilihat langsung oleh mata kita sendiri secara nyata. Misalnya pasar barang kebutuhan pokok. Semua aktivitas yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua pelaku utama, yaitu produsen dan juga konsumen. Keduanya memiliki peran yang besar terhadap pembentukan harga barang yang ada di pasar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adiwarman A. Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006), h. 358.

Karim, A. (2014). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kennedy, P. S. (2018). Modul Ekonomi Mikro Pasar Persaingan Sempurna.UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA, FAKULTAS EKONOMI, Jakarta. Retrieved 11 02, 2021

Nurhayati, H. (2018). Retrieved from academia.edu:

https://www.academia.edu/37876248/MAKALAH_PASAR_PERSAINGAN_SEMPURNA

Rizky. N. (2020). STRUKTUR PASAR PERSAINGAN SEMPURNA. Retrieved 11 03, 2021, from eprints.umsida.ac.id: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6996

Zaini, A. A. (2014). PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ummul Qura, IV(4), 88-104.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

Syari, A. A. ., Amsar, M. ., Daulay, S. C. P. ., & Fitrah, A. . (2025). Pasar Persaingan Sempurna. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 156-162. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/455

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 33

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.