Pembiasaan Shalat Duha Sebagai Upaya Pembentukan Karaker Siswa Kelas 2A MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang
Kata Kunci:
Pembiasaan Shalat Duha, Pembentukan Karakter, Kelas 2A MI Al-Khoiriyyah 2 SemarangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter-karakter yang terbentuk melalui praktik pembiasaan shalat duha di MI Al-Khoiriyyah 2 Kota Semarang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan (Field Research), data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sampel siswa kelas 2A yang berjumlah 16 orang. Penelitian dilakukan selama Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP1) dari 29 Juli hingga 12 Agustus 2024. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa pembentukan karakter siswa kelas 2A di MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang dilakukan melalui pembiasaan shalat Dhuha yang terintegrasi dalam rutinitas harian siswa, meliputi bimbingan pelafalan, gerakan shalat, pelaksanaan berjamaah, serta motivasi dan pengawasan guru. Siswa juga diajarkan do’a dan keutamaan shalat Dhuha untuk membentuk disiplin dan akhlak baik mereka; 2) Praktik shalat Dhuha di MI Al-Khoriyyah 2 Semarang membentuk karakter positif pada siswa, seperti disiplin dalam mengatur waktu, penguatan akhlak dan sopan santun siswa, membentuk ketekunan siswa, serta terciptanya kepedulian sosial pada siswa. Studi ini memberikan implikasi bahwa pembiasaan shalat Dhuha dapat menjadi model yang efektif untuk pendidikan karakter di sekolah-sekolah dasar, yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan karakter secara menyeluruh.
Unduhan
Referensi
Afandi, Nidaa. Mindful Mornings: The Science of a Productive Day.
Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99-112.
Asmani, J. M. (2017). Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press.
Bachruddin, R., & Darmiyanti, A. (2023). Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 111-120.
Bali, M. M. E. I., & Susilowati, S. (2019). Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1-16. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-01
Dini, J. P. A. U. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409-6416.
Fauziah, H. U., Suhartono, E., & Pudjantoro, P. (2021). Implementasi penguatan pendidikan karakter religius. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 437-445. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445
Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32-50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
Hartini, S. (2017). Pendidikan karakter disiplin siswa di era modern sinergi orang tua dan guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(1). http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Man Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014- 2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640
Husna, A. (2015). Pembiasaan Shalat Dhuha Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di MAN Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2014/2015.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Jannah, I. (2019). Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta). https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1259
Mahmoud, I. (2020). The Role of Congregational Prayers in Building Community Solidarity. Journal of Islamic Social Sciences, 15(2), 45-62.
Moh. Zuhri. Kunci Ibadah dengan Bimbingan Shalat Lengkap, (Bandung: Sayyidah, 1987), h.96.
Nurhayati, L. (2021). Amalan Keagamaan dan Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Islam: Studi Kasus Sholat Dhuha. Jurnal Pendidikan Moral, 12(3), 89-104).
Radif, K. R. (2019). Pembiasaan spiritual untuk meningkatkan pendidikan karakter peserta didik. Tadbir Muwahhid, 3(1). https://repository.unida.ac.id/id/eprint/3994
Ramadhani, A. (2021). Implementasi Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa Smp N 3 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang (Doctoral dissertation, UIN FAS Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7585
Sapitri, I. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 31-48. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.246
Sari, Y. N., Trisno, B., & Hayati, Y. (2024). PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DI MTsS MADINATUL MUNAWWARAH BUKITTINGGI. Adiba: Journal of Education, 4(1), 1-6.
Suyadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah. Prenada Media.
T. M. Adams & L. J. Cohen. (2022). The Role of Spiritual Practices in Developing Personal Resilience and Discipline in Students. Journal of Educational Psychology.
Wahyudin, M. I., & Sofwan, M. (2023). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Mi Muhammadiyah Buntu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 8(1), 09-14.
Wulandari D. (2019). Dampak Pembiasaan Solat Dhuha Berjamaah Terhadap Peningkatan Moral Siswa Di SMA Syarif Hidayatullah Grati Zubaedi. In Desain Pendidikan Karakter (Cet-3). Kencana. https://doi.org/10.31219/osf.io/tjm3q
Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 117-125.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rifty Ariyani, Ratna Mutia (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.