Konsep Pendidikan Islam Modern Dalam Penafsiran Al-Qur’an

Penulis

  • Fauziah Gafur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Legi Agus Canta Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis
  • Husnan Habib Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Penulis

Abstrak

Konsep pendidikan modern merupakan hal penting dalam membangun sistem pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Artikel ini membahas bagaimana pendidikan modern dipahami melalui penafsiran yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dan pendekatan inovatif. Fokus utama terletak pada penerapan teknologi, keterbukaan terhadap keragaman budaya dan agama, serta pentingnya pengembangan karakter siswa. Dengan menggunakan metode kajian literatur dan analisis kritis, penelitian ini menemukan bahwa pendidikan modern tidak hanya bertujuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga membentuk individu yang bermoral, kreatif, dan mampu bekerja sama dalam berbagai konteks sosial. Artikel ini juga menekankan pentingnya integrasi antara tradisi dan inovasi untuk menciptakan sistem pendidikan yang berkelanjutan. Hasil kajian ini diharapkan memberikan pandangan baru bagi pengembangan pendidikan yang lebih efektif, holistik, dan sesuai dengan tantangan global.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Al-Baghawi. (2003). Ma'alim al-Tanzil. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Maturidi. (2004). Tafsir al-Maturidi. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Qurthubi. (2003). Al-Jami' li Ahkam al-Qur'an. Beirut: Dar Ihya' al-Turath al-Arabi.

Al-Razi. (1999). Al-Tafsir al-Kabir . Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Samarqandi. (2006). Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir . Beirut: Dar al-Turath.

Al-Shanqiti. (2000). Adwa' al-Bayan fi Idah al-Qur'an bi al-Qur'an. Beirut: Dar al-Ma‘arif.

Al-Tha'labi. (2006). Al-Jami' li Ahkam al-Qur'an. Beirut: Dar al-Turath.

Ath-Thabari, A. J. (1994). Tafsir Ath Thabury Jami'ul Bayan 'an Ta'wil Ayi al-Qur'an. Beirut: Muassasah ar-Risalah.

Azra, A. (2002). Islam dan Pendidikan: Sebuah Perspektif Kontemporer . Jakarta: PT Logos.

Darajat, Z. (1992). Pendidikan Islam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhana.

Katsir, I. (2000). Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim . Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Lestari, I. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam: Antara Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Karakter , 35-42.

Nuraini, S. (2022). Pendidikan Islam di Era Modern: Upaya Integrasi antara Ilmu Pengetahuan dan Agama. Jurnal Pendidikan Islam , 115-130.

Qutb, S. (2006). Fi Zhilalil Qur'an. Kairo: Dar al-Shuruq.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Uhbiyati, N. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zarkasyi, H. F. (2011). Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Gafur, F., Canta, L. A., & Habib, H. (2025). Konsep Pendidikan Islam Modern Dalam Penafsiran Al-Qur’an. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 8-16. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/199

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama