Peran Bimbingan Konseling Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dan Kemadirian Di SD Pabean
Kata Kunci:
Bimbingan Konseling, Percaya Diri, Kemandirian diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran bimbingan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri dan kematangan diri siswa di SD Pabean. Rasa percaya diri dan kematangan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan psikologis anak, yang memengaruhi keberhasilan akademik dan interaksi sosial. Layanan bimbingan konseling di sekolah berfungsi untuk membantu siswa mengatasi masalah pribadi, meningkatkan keterampilan sosial, serta memperkuat keyakinan diri. Metode yang digunakan dalam bimbingan konseling mencakup layanan individu dan kelompok, dengan teknik seperti motivasi, konseling untuk mengurangi kecemasan atau rasa rendah diri, serta pengembangan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerima layanan bimbingan konseling mengalami peningkatan dalam rasa percaya diri dan kematangan diri, yang tercermin dari perubahan sikap, kemampuan berinteraksi dengan teman, dan keberanian dalam menghadapi berbagai tantangan. Secara keseluruhan, bimbingan konseling terbukti efektif dalam membantu siswa membangun rasa percaya diri dan kematangan diri, yang mendukung perkembangan psikologis dan sosial mereka di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam bagi guru dan konselor dalam meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Aisyah, A., & Hidayati, N. (2021). Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di sekolah dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 154-162.
Anwar, H., & Yuliana, I. (2020). Pengaruh bimbingan konseling terhadap pengembangan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(3), 220-228.
Bandura, A. (2018). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.
Dewi, M. R. (2020). Konseling kelompok untuk meningkatkan kematangan sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Konseling Indonesia, 8(1), 112-119.
Erikson, E. H. (2019). Identity and the Life Cycle: A Psychological Study of Human Development. W.W. Norton & Company.
Fatimah, F., & Zulkarnain, A. (2021). Peran konseling individu dalam meningkatkan rasa percaya diri anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9(2), 130-138.
Hadi, R. S., & Dwi, A. (2022). Model pendekatan dalam bimbingan konseling untuk anak dengan masalah sosial di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(4), 198-205.
Hidayati, N., & Lestari, S. (2021). Pengaruh konseling berbasis kognitif terhadap pengelolaan kecemasan dan pengembangan diri siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 20(1), 98-105.
Indriani, M. (2020). Bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa: Sebuah studi di sekolah dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(3), 184-191.
Iskandar, A., & Yanti, M. (2021). Peran bimbingan konseling dalam membantu siswa menghadapi tantangan sosial dan emosional di sekolah dasar. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 14(1), 56-64.
Kurniawati, S., & Sari, D. (2019). Penerapan teknik konseling motivasional untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 13(2), 222-230.
Lestari, E. (2022). Efektivitas bimbingan konseling kelompok dalam meningkatkan kematangan diri dan keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 21(4), 312-319.
Mahmud, R. (2020). Pengembangan program bimbingan konseling untuk meningkatkan kematangan emosional siswa di sekolah dasar. Jurnal Bimbingan dan Pengembangan Karakter, 5(1), 68-75.
Rahayu, N. P., & Santoso, D. (2021). Strategi bimbingan konseling untuk mengatasi masalah percaya diri pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Terpadu, 18(3), 248-257.
Sari, R. L. (2019). Implementasi bimbingan konseling untuk meningkatkan keberanian dan kematangan sosial pada siswa SD. Jurnal Konseling dan Pengembangan Diri, 12(2), 143-150.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Slamet Khafidzin, Nabila Zidni Ilma, Fatkhilatunnisa’ (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.