Penanaman Nilai-Nilai PAI Melalui Program Pesantren Kilat Di MTS Sunan Giri Driyorejo
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Pesantren KilatAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam pada siswa MTS sunan giri melalui program pesantren kilat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dikarenakan penelitian ini memberikan gambaran dan mengkaji program, proses dan aktivitas secara lebih mendalam yang ada di lapangan dengan beragam prosedur pengumpulan data selama waktu tertentu mengenai upaya guru dalam pengelolaan pembelajaran agama di MTS sunan giri desa mulung driyorejo. Subjek penelitian guru di MTS sunan giri berjumlah 5 orang. Hasil penelitian penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di MTS sunan giri mencakup: a).kegiatan yang dilakukan selama pesantren kilat berlangsung. b).tujuan diadakannya pesantren kilat. c).analisis proses penanaman nilai nilai pendidikan agama islam di MTS sunan giri. d).faktor faktor penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui program pesantren kilat.
Unduhan
Referensi
A.R, C. C. (2021). Konsep Pendidikan Ibadah Thaharah MenurutAl-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1).
Alim, M. (2016). Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Daradjat, Z. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Dep. Agama RI, pola penyelenggaraan pesantren kilat, pendidikan singkat ilmu-ilmu agama islam. Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam
Faham, achmad muchadam. (2020). Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter dan prlindungan anak. Jakarta : Publica institute Jakarta
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Ssitem Pendidikan Nasional. EduTech : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1)
Maktruf, H. F. B. (2008). Aqidah Akhlak untuk MTS dan yang Sederajat Kelas VII. (Surakarta: Putra Nugraha
Mardiato (2005). Pesantren kilat (konsep, panduan, dan pengembangan). Jakarta : Ciputat Press
Mastuhu (1994). Dinamika sistem Pendidikan pesantren, suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem Pendidikan pesantren, Jakarta : Indonesia Netherlands cooperation in islamic studies. T.P
Nasihin, S. (2015). Menata Ibadah Meniti Shirotal Mustaqiem
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Inna Nuriya, Muh. Sabilar Rosyad (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.