Strategi Komunikasi Guru Agama Dalam Pembelajaran Mengaji Bagi Orang Dewasa Di Dusun Sidomulyo Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran
Kata Kunci:
Strategi komunikasi Efektif, Pemblajaran Mengaji, Orang DewasaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi komunikasi yang diterapkan oleh guru agama dalam pembelajaran mengaji bagi orang dewasa di Dusun Sidomulyo, Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. Pembelajaran mengaji untuk orang dewasa sering kali menghadapi tantangan berupa perbedaan usia, latar belakang pendidikan, dan pengalaman yang memengaruhi cara belajar mereka. Oleh karena itu, guru agama dituntut untuk menggunakan strategi komunikasi yang efektif agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru agama, observasi langsung terhadap proses pembelajaran, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru agama di Dusun Sidomulyo menggunakan beberapa strategi komunikasi, seperti pendekatan dialogis, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, serta pemberian motivasi dan penguatan kepada peserta didik. Selain itu, guru agama juga memanfaatkan media pembelajaran sederhana yang dapat membantu mempermudah pemahaman peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh guru agama berperan penting dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mengaji orang dewasa, serta memperkuat hubungan antara guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan metode pembelajaran agama di komunitas lainnya..
Unduhan
Referensi
Abdul Pirol, Komunikasi dan Dakwah Islam, (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Alifia Fernanda Putri. Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya, Universitas Negeri Padang 2018
Atwar Bajari, Metodologi Penelitian Komunikasi (Bandung: Simbiosa Rekatama Media,2015)
Colid Narbuko Abu Acmadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta : Bumi Aksara,2016)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)
Dirman, cicih juarsih, Komunikasi dengan peserta didik, (Jakarta : rineka cipta ,2014)
Edi Suryadi. Strategi Komunikasi, (Bandung : .Remaja Rosdakarya. 2018)
Hafied Cangara. Perencanan dan Strategi Komunikasi. (Jakarta : Raja Grafindo persada. 2013)
Herlinai, Teori Belajar dan Pembelajaran (Jawa Tengah: Lakeisha:2021)
Husein Umar, Strategic Management in Action, (Jakarta : Gramedia,2001)
Jalaludin Rakhmat.Psikologi komunikasi, ( Bandung :Simbiosa Rakata Media. 2018)
Masri singarimbun, Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. (Jakarta: Pustaka Lp3es Indonesia 1995)
Muhammad Idrus. Metode Penelitian Ilmu Sosial, (Jakarta: Erlangga 2009)
Nofrion, Komunikasi Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2018,)
Nwar Arifin, Strategi Komunikasi Suatu Pengantar Ringkas, (Bandung: Armico1984)
Onong uchjana Effendy, Dinamika Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakary,2008)
Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka. 2019)
Ponco Dewi Karyaningsih,ilmu komunikasi (Yogyakarta: Samudra Biru, 2018)
Rachmat Kriyantono,Riset Komunikasi,(Jakarta:kencana,2006)
Rosady Ruslan, Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2017)
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Saraka, Model Belajar Swaarah dalam Pengembangan Sikap Mental Wiraswasta, (Bandung: PPS UPI).
Siti Rahayu Haditono, Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, (Yogyakarta, Gajah Mada University Press: 2006).
Stewart L, Tubbs,Sylvia Moss. Human Communication Prinsip- Prinsip Dasar, (Bandung : Remaja Rosdakarya. 2008)
Sudjana, “Andragogi Praktis” dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Jilid II (Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2007)
Sumadi Surybata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 19830).
Wahyu Ilaihi, Komunikasi Dakwah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
Malcolm Knowles, The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy, (New York: Association Press, 197
Alifia Fernanda Putri, Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya 3,no 2 (2019): 36 https://doi.org/10.23916/08430011
Arman Syah Putra, Fitrilia Rasyi Radita, “Paragdima Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, thn. (2020)
Fitria Iswar.“Strategi Komunikasi Efektif Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Smpn 64” Vol.02 , Jurnal Komunikasi.(2022)
Gan Gan Giantika “Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid -19” 11, no. 1, June (2021)
Helsi Febrianti, Sufyarma Marsidin, Sulastri Sulastri. Strategi Komunikasi Efektif Guru untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.2 pada Bidang Studi IPS’, Vol 4, Jurnal Pendidikan dan Konseling.(2022)
Heriyanto Lubis,Alen “Komunikasi Efektif Dalam Mendukung Minat Belajar Al-Qur’an Anak (studi kasus: TPQ al-Fikri Kota Bengkulu)”. IAIN Bengkulu , Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Bogor, Vol. 3 No 2 (2022) :32. https://ejournal-stidkibogor.ac.id/index.php/tabayyun.
Ibnu syamsi. “Diklus Jurnal pendidikan luar sekolah”.pendidikan luar sekolah,fakultas ilmu pendidikan,(Universitas Negri Yogyakarta 14, 01. 2010)
Ida Yusnita, “Beberapa proses yang terdapat dalam komunikasi,” http:/library.asu.ac.id/downlosd/fkm-ida%20yusnita2pdf,akses 4 Februari 2013.
Kokom Siti Komariah, Modal PendidikanNilai Moral Bagi Para Remaja Menurut Perspektif Islam, (jurnal Pendidikan Agama islam Ta’lim, 2011, Vol.9.no.1
Mustofa Kamil. Teori Andragogi. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Imperial Bhakti Utama, vol. 1. (2007)
Rahmah Masita, dkk, “Santri Penghafal Al-Qur’an: Motivasi dan Metode Menghafal AlQur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau”, Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, Vol. 3, No. 1, thn. (2020)
Rika Kartika, dkk, “Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam”, Jurnal Of Civic Education, Vol. 1, No. 2, thn. (2018).
Syahrul Abidin.2019 Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar” , vol 02 , Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan.
Wahono, Niswatul Imsiyah, Aris Setiawan, “Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Digital”,(2020) : 524, https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/4877
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Septy Anggrainy (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.