Peran Refleksi Dalam Pembelajaran PAI Untuk Mendorong Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Ahmad Pauzi IAIN PALANGKA RAYA Penulis
  • Jasiah IAIN Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Refleksi, Pembelajaran PAI, Berpikir Kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan refleksi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai metode untuk mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian melibatkan observasi, wawancara, dan pengumpulan data dari siswa serta guru di beberapa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode refleksi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar, tetapi juga memperkuat kemampuan mereka dalam menganalisis, mengevaluasi, dan merumuskan argumen secara logis. Refleksi sebagai metode pembelajaran aktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi langsung dalam proses belajar. Dengan demikian, siswa tidak hanya menjadi penerima informasi pasif tetapi juga pemikir aktif yang mampu mempertanyakan dan mengaitkan nilai-nilai agama dengan pengalaman pribadi mereka. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan metode refleksi, dengan rata-rata skor meningkat dari 65 menjadi 80. Selain itu, siswa melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi efektif dalam menerapkan refleksi adalah melalui diskusi kelompok. Dalam diskusi ini, siswa didorong untuk berbagi pandangan dan mendiskusikan nilai-nilai yang diajarkan. Strategi ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga membantu siswa memahami berbagai sudut pandang dan menghargai pendapat orang lain. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan refleksi, seperti keterbatasan waktu di tengah padatnya kurikulum dan rasa tidak nyaman beberapa siswa saat berbagi pendapat. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar guru PAI secara rutin menerapkan metode refleksi dan diskusi kelompok dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Strategi ini diharapkan dapat mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan agama yang lebih efektif dan relevan di masa depan.

 

 

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Achmad, A.R., & Nurdin, M.A. (2023). "Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis." Jurnal Al-Idarah, vol 2(2), pp 96-103.

Haris & Budiyono. (2020). "Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa." Jurnal Pendidikan.

Ilyasa, F.F. (2024). "Implementasi Model Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, dan Aplikasi (ARKA) dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 24 Bandung." Universitas Pendidikan Indonesia.

Khalifah, A. (2023). "Penerapan Critical Reflection Dalam Pembelajaran PAI." Padek Jawapos.

Moon, J.A. (2013). Reflection and Employability: Reflection in Learning and Professional Development. Routledge.

Widiastuti, L. (2023). "Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa." Jurnal Guau.

Robbiyanto, N.I. (2022). "Level Reviewing: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Refleksi." Jurnal Pendidikan.

Simbolon, Z. (2022). Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3).

Tambak et al. (2023). "Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Aktif." Jurnal Al-Idarah, vol 2(2), pp 96-103.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Pauzi, A., & Jasiah. (2025). Peran Refleksi Dalam Pembelajaran PAI Untuk Mendorong Berpikir Kritis Siswa. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 160-165. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/286

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 94

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.