Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Blooket Mata Pelajaran PAI Materi Amanah Dan Jujur Kelas VIII SMP

Penulis

  • Siti Nur Aisyah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Penulis
  • Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Alat Evaluasi, Blooket, PAI, Pengembangan, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis Blooket mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Amanah dan Jujur. Alasan utama pemilihan topik ini adalah kebutuhan akan inovasi dalam evaluasi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa sekaligus memperkuat pemahaman nilai-nilai karakter. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang sistematis dan terstruktur. Subjek penelitian adalah siswa tingkat SMP dengan jumlah peserta 25 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil validasi media yang mendapatkan rata-rata sebesar 83,33% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi yang mendapatkan rata-rata sebesar 71,42 % dengan kategori layak, dan respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 82,2% dengan kategori baik serta respon guru memperoleh rata-rata sebesar 75% dengan kategori baik. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan alat evaluasi berbasi blooket mata Pelajaran PAI materi amanah dan jujur layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran PAI. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk pengembangan alat evaluasi berbasis Blooket pada materi lain dalam pembelajaran PAI.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Ashari, M. K., Athoillah, S., & Faizin, M. (2023). Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi pada Sekolah Menengah Atas di Era Digital: Systematic Literature Review. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 132–150.

Fitriyah, I., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran Prezi dengan model ADDIE simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 84–97.

Inanna, I., RAHMATULLAH, R., & Hasan, M. (2021). Evaluasi pembelajaran: teori dan praktek. Tahta Media Group.

Latip, A. (2022). penerapan model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Meccawy, Z., Meccawy, M., & Alsobhi, A. (2021). Assessment in ‘survival mode’: student and faculty perceptions of online assessment practices in HE during COVID-19 pandemic. International Journal for Educational Integrity, 17, 1–24.

Mesra, R. (2023). Research dan Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Mulyasari, R., & Doly, M. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MODEL ADDIE (SEKOLAH DASAR). Jurnal Genta Mulia, 14(1).

Murtopo, A., Rahmaisyah, R., & Jusmaini, J. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era Digital 4.0. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 11(02), 96–110.

Rachma, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video simulasi mengajar keterampilan memberikan reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516.

Saifulloh, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Di SMPN 2 Ponorogo), 1(1), 61–73.

Saputra, A. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2).

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02).

Wardani, N. F. D. R., Rudyanto, H. E., & Sholikah, O. H. (2024). Penggunaan Media Wordwall sebagai Alternatif pada Pembelajaran IPAS. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 750–756.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Nur Aisyah, S., & Jasiah. (2025). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Blooket Mata Pelajaran PAI Materi Amanah Dan Jujur Kelas VIII SMP. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 166-172. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/291

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 90

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.