Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis Materi Proses Penciptaan Manusia Di Kelas XI
Kata Kunci:
Video, Interaktif, Al-Qur’an, Hadis, MultimediaAbstrak
Studi ini mengeksplorasi pengembangan pembelajaran multimedia berbasis video interaktif menggunakan aplikasi CapCut untuk mengajarkan topik proses penciptaan manusia dalam Al-Qur'an dan Hadis kepada siswa kelas XI. Studi ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan-tahapan seperti Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Analisis tersebut mengidentifikasi tantangan dalam pemahaman siswa karena sifat materi yang abstrak dan metode pengajaran tradisional. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah video pembelajaran interaktif dirancang untuk menyajikan proses penciptaan manusia secara visual dan menarik, disertai dengan bacaan Al-Qur'an. Video interaktif tersebut divalidasi oleh para ahli dan diujicobakan kepada 23 peserta didik dan satu guru Al-Qur'an dan Hadits. Hasil penelitian melalui hasil validasi dari ahli materi memperoleh hasil sebesar 87% dan validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 75% yang menunjukkan bahwa media video interaktif sangat layak digunakan, serta melalui angket respon peserta didik dan guru menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi, dengan hasil 88% respon siswa dan 95% respon guru sangat setuju bahwa video interaktif tersebut secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterlibatan. Video interaktif tersebut berhasil mengatasi keterbatasan metode pengajaran tradisional dan meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan.
Unduhan
Referensi
Harjanta, Aris Tri Jaka, and Bambang Agus Herlambang. 2018. “Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE.” Jurnal Transformatika 16(1): 91. doi:10.26623/transformatika.v16i1.894.
Kurniawan, D., & Riyana, C. 2012. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru.” Rajawali Pers.
Luh, Ni, and Putu Ekayani. 2021. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (March): 1–16.
Mashuri, Delila Khoiriyah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Sekolah Dasar Kelas V.” Jpgsd 08(05): 893–903.
Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 586–95.
Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 33. doi:10.17509/jpm.v3i2.11762.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.
Soesilo, Andhi, and Ashiong Parhehean Munthe. 2020. “Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3): 231–43. doi:10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.
Sugiantara, I Putu, Ni Made Listarni, and Krisnanda Pratama. 2024. “Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasi Digital 4(1): 73–80. doi:10.54065/jld.4.1.2024.448.
Sugiyono, Prof.DR. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Nur Aisyah, Teguh Almadani, Tiara Suriyatna Mentaya, Siti Maulida, Abdul Azis (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.