Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Plotagon Dan Wordwall Pada Materi Aliran-Aliran Ilmu Kalam Kelas XI Di MA Darul Ulum Palangka Raya

Penulis

  • Raudah Odah IAIN Palangka Raya Penulis
  • Ridho Ansyari IAIN Palangkaraya Penulis
  • Raihanah Amanda IAIN Palangkaraya Penulis
  • Abdul Azis IAIN Palangkaraya Penulis

Kata Kunci:

Akidah Akhlak, Pengembangan Media Pembelajaran, Plotagon, Wordwall

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi plotagon dan game evaluasi berbasis wordwall untuk membuat pembelajaran menjadi lebih aktif guna menghindari pembelajaran yang monoton yang mengakibatkan bosan. Oleh karna itu, penelitian ini menggunakan penelitian Research and Develompment (R&D). Pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu, Analysis, Design, Deveploment, Implementation, Evaluations. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui angket (skala likert) pada saat uji coba. Hasil penilaian Ahli materi dengan kategori sangat baik sedangkan hasil penilaian ahli media dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian media pembelajaran tahap implementasi oleh pendidik mencapai kategori sangat baik, begitu juga hasil dari penilaian dari respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran dan materi yang disajikan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan plotagon dan wordwall ini layak digunakan dimata pelajaran akidah ahlak kelas XI pada pokok bahasan Aliran-Aliran Ilmu Kalam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Bambang sutjipto, cecep kustandi. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Ghalia Indonesia.

Khairuddin. (2018). Pendidikan Pada Masa Dinasti Abbasiyah (Studi Analisis tentang Metode, Sistem, Kurikulum dan Tujuan Pendidikan). Ittihad, II(1), 98–108. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/viewFile/39/33

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Rahmawati, A., & Hikmah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Plotagon Story Di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin Sidoarjo. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 225–241. https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3489

Zulaikhah, S. (2013). Urgensi Pembinaan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 356. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/758/727

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Odah, R., Ansyari, R., Amanda, R. ., & Azis, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Plotagon Dan Wordwall Pada Materi Aliran-Aliran Ilmu Kalam Kelas XI Di MA Darul Ulum Palangka Raya. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 230-240. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/116

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 73

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.