Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Plotagon Dan Wordwall Pada Materi Aliran-Aliran Ilmu Kalam Kelas XI Di MA Darul Ulum Palangka Raya
Kata Kunci:
Akidah Akhlak, Pengembangan Media Pembelajaran, Plotagon, WordwallAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi plotagon dan game evaluasi berbasis wordwall untuk membuat pembelajaran menjadi lebih aktif guna menghindari pembelajaran yang monoton yang mengakibatkan bosan. Oleh karna itu, penelitian ini menggunakan penelitian Research and Develompment (R&D). Pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu, Analysis, Design, Deveploment, Implementation, Evaluations. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui angket (skala likert) pada saat uji coba. Hasil penilaian Ahli materi dengan kategori sangat baik sedangkan hasil penilaian ahli media dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian media pembelajaran tahap implementasi oleh pendidik mencapai kategori sangat baik, begitu juga hasil dari penilaian dari respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran dan materi yang disajikan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan plotagon dan wordwall ini layak digunakan dimata pelajaran akidah ahlak kelas XI pada pokok bahasan Aliran-Aliran Ilmu Kalam.
Unduhan
Referensi
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Bambang sutjipto, cecep kustandi. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Ghalia Indonesia.
Khairuddin. (2018). Pendidikan Pada Masa Dinasti Abbasiyah (Studi Analisis tentang Metode, Sistem, Kurikulum dan Tujuan Pendidikan). Ittihad, II(1), 98–108. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/viewFile/39/33
Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.
Rahmawati, A., & Hikmah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Plotagon Story Di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin Sidoarjo. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 225–241. https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3489
Zulaikhah, S. (2013). Urgensi Pembinaan Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 356. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/758/727
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Raudah Odah, Ridho Ansyari, Raihanah Amanda, Abdul Azis (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.