Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Linktree, Canva Dan Quizizz Pada Materi Zakat Di MA Darul Amin Palangka Raya
Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, ZakatAbstrak
Penggunaan teknologi yang kurang optimal di sekolah dapat membuat siswa merasa pembelajaran menjadi monoton, sehingga siswa menjadi bosan. Namun hal tersebut dapat terjadi diantaranya karena banyak faktor seperti ketika guru kurang menguasai strategi untuk memberikan variasi metode belajar yang lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk menawarkan media pembelajaran yang lebih interaktif. Linktree, Canva dan Quizizz merupakan beberapa alternatif media yang bisa digunakan untuk membantu memperkaya proses belajar, dengan menggunakan media yang interaktif siswa menjadi lebih mudah memahami konsep materi sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan membuat belajar menjadi lebih bermakna. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel. Subjek penelitian ini ialah 19 siswa kelas X MA Darul Amin Palangka Raya. Didasarkan hasil validasi ahli media dan materi dengan nilai >80% kategori sangat valid tanpa revisi, hasil penilaian guru mata pelajaran fikih dengan nilai >98% kategori sangat layak, serta hasil penyebaran media kepada siswa diperoleh hasil dengan nilai >90% kategori yang sangat layak. Artinya produk media pembelajaran dapat dikatakan berhasil dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Unduhan
Referensi
Adam, A. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 13–23. http://36.93.48.46/index.php/amanah-ilmu/article/view/990
Aeni, A. N., Marhamah, A. A., Yasmin, E. A., & ... (2023). Pemanfaatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Zakat Bagi Siswa Kelas 6 SD. Journal on …, 05(04), 15249–15260.
Aninda, D. H., & Istikomah. (2023). DESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(2), 381–396. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i2
Hafiyya, N., & Hadi, M. S. (2023). Implementasi quizizz sebagai media pembelajaran berbasis education game terhadap peningkatan motivasi belajar matematika. Communnity Development Journal, 4(2), 1646–1652.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395
Monoarfa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1–7.
Puspitaning, A. I. N., & Rachmadyanti, P. (2023). Pengembangan E-Modul Ips Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Jombang Bagi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(7), 1425–1435.
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rahmawati, L., Ambulani, N., Desty Febrian, W., Widyatiningtyas, R., & Sukma Rita, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.
Ramadhani, Suryani Putri, E., & Syafi’i, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK Migas Bumi Melayu Riau. Jurnal Armada Pendidikan, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.8
Riono, & Fauzi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp Di Sd Berbasis Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117–127.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Santoso, A. C., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP PADA MUATAN PELAJARAN IPS. Cendekia Pendidikan, 4(1), 38–49.
Sutoro, F. L., Utomo, A. P. Y., Yuniartanti, R., & Widyawati, N. (2024). Linktree sebagai Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi pada kelas VII SMPN 34 Semarang. Journal of Education and Technology, 4(1), 102–107.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Devi Rosalina, Selly Mayang Sari, Rozan Ziyan Arifi, Abdul Azis (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.