Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Teknologi Pendidikan Di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Media Evaluasi Pembelajran, Aplikasi Quizizz, PAIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis teknologi di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi tiga aspek utama: perencanaan, implementasi, dan hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penggunaan Quizizz dilakukan secara sistematis, dengan persiapan yang matang terkait materi dan infrastruktur. Implementasi aplikasi dalam proses pembelajaran berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan memberikan umpan balik secara real-time kepada guru. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi PAI, serta respons positif dari siswa terhadap penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode evaluasi berbasis teknologi dalam pendidikan agama Islam, serta menawarkan panduan bagi pendidik dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Ahwadzi, A. H., Hanif, M. F., & Dzikri, F. A. A. (2024). Evaluasi Penerapan Pembelajaran Berbasis Game Quizizz Dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Siswa. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(1), 352–359.
Ariani, H. P., & Widodo, S. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Yamaha Music Indonesia, Jakarta. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 53–66.
Ariyanti, D. (2019). Be A Smart Teacher With Smartphone. Uwais Inspirasi Indonesia.
Aziz, A. (n.d.). A. Konteks Penelitian.
Dachliyani, L., & Sos, S. (2019). Instrumen yang sahih: sebagai alat ukur keberhasilan suatu evaluasi program diklat (evaluasi pembelajaran). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Khoirunnisa, A., Rafika, A. S., & Juniar, H. L. (2021). Eksistensi Sistem Pendidikan Islam Dalam Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Era 4.0. Alfabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 26–35.
Lestari, F., Bustanur, B., & Nahwiyah, S. (2024). Pengaruh Pemahaman Materi Saling Menasihati Dalam Islam Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa (Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cerenti). JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 4(2), 89–94.
Miftachudin, M. (2020). Efektivitas Ctl Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 29–36.
Moleong, L. J. (n.d.). A. Jenis dan Sifat Penelitian 1. Jenis Penelitian. Tahun Pelajaran 2020/2021 Oleh: Nuha Ajami NPM, 1501010283, 27.
Pazah, G. A., Risdianto, E., & Purwanto, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 55–66.
Prasetyo, I. (2012). Teknik analisis data dalam research and development. Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmadsyah, D. (2024). Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Pada Ra Annajamissa’adah Menggunakan App Inventor. Science Global Journal, 1(01), 25–32.
Renci, R. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Religiusitas Bagi Siswa Muslim di SD Xaverius Metro. IAIN Metro.
Riyanto, A., Juhaeriah, J., & Meitriani, A. N. (2020). Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah Di Puskesmas Rajamandala Kabupaten Bandung Barat Tahun 2018 (Studi Data Sekunder). PIN-LITAMAS, 2(1), 104–112.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Zaeni, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 195–207.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lesti Kartika, Winda Novianti, Muhammad Alang Khairun Nizar (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.