Penerapan Kurikulum Merdeka Melalui Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar
Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, konstruktivisme, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka dengan teori konstruktivisme pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar. Kurikulum merdeka, yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas bagi guru dan siswa, diterapkan dengan pendekatan konstruktivisme yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI telah berjalan dengan baik, ditandai dengan guru memahami apa yang dilakukan dalam menerapkan kurikulum merdeka dan siswa berperan aktif dalam pembelajaran PAI menggunakan teori konstruktivisme pada kurikulum merdeka . Guru memainkan peran sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses konstruksi pengetahuan. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tiga jenis asesmen, yaitu asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, yang digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Kurikulum Merdeka dengan pendekatan konstruktivisme efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, mempromosikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi, serta membangun karakter yang kritis, kreatif, dan mandiri.
Unduhan
Referensi
Ali, H. (N.D.). Learning Constructivism In Learning Moral Creeds At The Muhammadiyah School In Tebing Tinggi City.
Baity, M. Y., & Nidhom, M. (2022). Tradisi Membaca Ayat-Ayat Alquran Sebelum Belajar ( Studi Living Quran Di MAN Kota Batu ). 19(2), 131–144.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal Of Educational And Language Research, 1(12), 2105–2118.
Direktorat PAUD, D. Dan D. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka (P. 46). Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek.
Fitri, R. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan. Pedagogi Hayati, 6(1), 1–11.
Hasanuddin, S. E., Chairunnisa, M. P., Novianti, W., Pd, M., Edi, S., Suharti, A., Chayati, N., Hita, I. P. A. D., Or, M., & Saparuddin, M. P. (2022). Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka Belajar. Sada Kurnia Pustaka.
Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Kurnanto Edi (Ed.); Cet-2). ALFABETA, Cv.
Idhartono, A. R. (2023). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96.
Iriani, T., & Ramadhan, M. A. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Prenada Media.
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Kemendikbudristek BSKAP RI, 7–9.
Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.
Khoirrurijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177.
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123.
Rifa’i, A., Asih, N. E. K., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal Of Science And Research.
Saputra, M., Na’im, Z., Nugroho, P., Maula, I., Budianingsih, Y., Hadiningrum, L. P., & Ahyar, D. B. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 5(1), 70–81.
Susilawati, S., Octasari, A., & Juanda, J. (2023). Analisis Struktur Kurikulum K13 Dan Struktur Kurikulum Merdeka Fase E Untuk Kelas X Dan Fase F Untuk Kelas XII. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 24–32.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Lelialhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” Dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dhea Puspita, Muhammad Alang Khairun Nizar, Mirza Syadat Rambe (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.