Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai
Kata Kunci:
Karakter Religius, Rohani Islam (ROHIS)Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan Rohani Islam (ROHIS) di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini memperoleh informasi dengan pengumpulan datanya yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sumber data primer maupun sekunder. Data Primer bersumber dari beberapa informan sebagai narasumber kegiatan wawancara, yaitu Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru/ pembina ROHIS, guru Bimbingan Konseling (BK) dan perwakilan beberapa siswa/i muslim yang aktif mengikuti kegiatan ROHIS di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai. Data di analisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/ verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kegiatan Rohani Islam (ROHIS) dalam membina karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi yaitu: perencanaan terkait dengan jadwal, program kerja/ kegiatan, materi, metode, dan sarana prasarana yang mendukung dalam kegiatan ROHIS. 2) Pelaksanaan kegiatan ROHIS dalam membina karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi yaitu: Pembukaan kegiatan ROHIS oleh moderator, dilanjutkan dengan membacakan ayat suci tilawatil Quran, mengabsensi kehadiran siswa/i, kemudian kegiatan inti dalam penyampaian materi oleh Pembina ROHIS /murabbi. dilanjutkan dengan berdiskusi berdasarkan tema/ materi pembahasan, diakhiri dengan renungan dan penutup. Beberapa proses di antaranya ialah: Pembina memberikan contoh yang positif (keteladanan) kepada siswa, menumbuhkan kesadaran iman kepada siswa, melakukan beberapa pembiasaan yang di lakukan secara berulang-ulang dan memotivasi siswa sehingga kegiatan ROHIS yang dilakukan dengan proses tersebut dapat menjadikan siswa berkarakter religius. 3) Evaluasi: Dapat diketahui berdasarkan beberapa program kerja kegiatan ROHIS yang telah terlaksana, berdasarkan absensi kehadiran siswa/i muslim yang mengikuti kegiatan ROHIS, berdasarkan nilai sikap keseharian siswa dan catatan buku binaan Bimbingan Konseling (BK), dalam hal ini, hakikat karakter religius seseorang itu tetap tidak dapat terukur, namun kembali kepada mawas diri sendiri, dan faktor lingkungan. pembinaaan karater religius dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Unduhan
Referensi
Aisah, S., & Shaleh, K. (2021). Aktivitas Dakwah Islam melalui Kegiatan Liqo dan Dampak terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat di Kp. Nyalindung Kelurahan Ciumbuleuit Kota Bandung. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 21–28.
al-Albani, S. M. N. (n.d.). e-book Shahih Sunan Tirmidzi.
AL-BUKHARI, B. I. (n.d.). Shahih Bukhari Dan Shahih Muslim.
Al Albani, M. N. (2016). Shahih Sunan Ibnu Majah 2. Pustaka Azzam.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Penerbit Qiara Media.
Departemen, L. P. M. al-Q. (2019). Agama.(2019). Al-Qur’an Dan Terjemahannya: Edisi Penyempurnaan.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.
Helmi, M. (2016). Peranan Dakwah dalam pembinaan umat. Semarang: Dies Natalies, IAIN Walisongo Semarang.
Indonesia, S. N. R., & No, U. U. (20 C.E.). tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
Indonesia, T. R. K. B. B. (2018). Kamus besar bahasa Indonesia.
Kemendikbud, S. J. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Khusnia, N. (2019). Pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama MINU Tratee Putera Gresik. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Lickona, T. (2022). Mendidik untuk membentuk karakter. Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.
Nuraini, R. Z. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Menghafal Juz’Amma, Hadits, Dan Do’a-Do’a Harian Di MTsN 1 Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Ridho, S. (2020). Peranan Ekstrakurikuler Rohis (Rohani Islam) dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMK Negeri 6 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rofiah, C., & Bungin, B. (2024). ANALISIS DATA KUALITATIF: MANUAL DATA ANALISIS PROSEDUR. Develop, 8(1), 1–13.
Rosyidi, R., & Sariroh, L. (2023). STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA PAKAMBAN LAOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SANTRI. Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–14.
Subyantoro, A. (2018). Peran Rohani Islam (ROHIS) dalam membina akhlak siswa di SMA Dharmawangsa Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Susilo, M. A. C. (2023). PERAN ROHIS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMAN 1 NGUNTORONADI WONOGIRI. IAIN Ponorogo.
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dewi Irmayani, Kasran, Winda Novianti (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.