Penggunaan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung
Kata Kunci:
Media Wordwall, Pembelajaran InteraktifAbstrak
Penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif salah satunya adalah pembelajaran bahasa Inggris pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Wordwall, sebagai platform pembelajaran digital interaktif, dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menarik dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan mahasiswa, dan analisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman materi pelajaran. Mahasiswa melaporkan bahwa fitur-fitur interaktif Wordwall, seperti kuis, permainan kata, dan latihan interaktif, membuat pembelajaran menjadi lebih dinamis dan membantu mereka dalam menguasai kosakata, tata bahasa, dan keterampilan komunikasi dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall adalah alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran interaktif salah satunya adalah pembelajaran bahasa Inggris yang dapat diintegrasikan dengan baik dalam kurikulum pendidikan tinggi.
Unduhan
Referensi
Bates, A. W. (2015). *Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning*. Vancouver: BCcampus.
Creswell, J. W. (2014). *Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches*. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2018). *The SAGE Handbook of Qualitative Research*. 5th Edition. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Johnson, L., Adams Becker, S., Estrada, V., & Freeman, A. (2016). *NMC Horizon Report: 2016 Higher Education Edition*. Austin, Texas: The New Media Consortium.
Mayer, R. E. (2014). *The Cambridge Handbook of Multimedia Learning*. 2nd Edition. Cambridge: Cambridge University Press.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). *Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation*. 4th Edition. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Reinders, H., & White, C. (2010). The theory and practice of technology in materials development and task design. In N. Harwood (Ed.), *English Language Teaching Materials: Theory and Practice* (pp. 58-80). Cambridge: Cambridge University Press.
Vygotsky, L. S. (1978). *Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes*. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wang, S., & Vásquez, C. (2012). Web 2.0 and Second Language Learning: What Does the Research Tell Us? *CALICO Journal*, 29(3), 412-430.
Yin, R. K. (2018). *Case Study Research and Applications: Design and Methods*. 6th Edition. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Septy Anggrainy (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.