Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi
Kata Kunci:
Motivasi, Lingkungan, Keluarga, Self EfficacyAbstrak
This research aims to determine "The influence of achievement motivation, family environment and entrepreneurship education on students' entrepreneurial interest with self-efficacy as a moderating variable." This type of research is quantitative research. The data obtained was then processed using tools and then processed using IBM SPSS 21. The results obtained from this research explain that the test results of this research show that: "The influence of Achievement Motivation has a significant positive effect on interest, Family Environment has a positive effect significant on interest and Entrepreneurship Education has a significant positive effect on interest, self efficacy has a positive effect on Interest in Entrepreneurship and Self Efficacy is able to moderate the three variables.
Unduhan
Referensi
Antyanadea. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. 96–111.
Badan Pusat Statistik. (2023). Laju Pertumbuhan Ekonomi.
Baihaky, S., Yogatama Ahmad Nizar, & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 85.
Bawono. (2016). Ekonometrika Terapan Untuk Ekonomi Dan Bisnis Islam Aplikasi Dengan Eviews. In LP2M Iain Salatiga. Https://Doi.Org/10.31764/Jpe.V3i1.213
Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis Dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.
Bawono, A. (2019). Penelitian Kauntitatif.
Berwirausaha, M., Di, M., & Tangerang, K. (2019). P-ISSN 2526-4440 E-ISSN 2086-3748. 10(November), 133–148.
Boga, T. (2017). MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Wiwin Novitasyari 1 , Tati Setiawati 2 , Yulia Rahmawati 3. 6(2), 81–93.
Fitriani, W., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring. 2015, 828–834.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Undip.
Ghozali, I. (2019). Data Kuantitatif Menggunakan SPSS 21.
Graham, S. (2022). Self-Efficacy And Language Learning – What It Is And What It Isn ’ T. Https://Doi.Org/10.1080/09571736.2022.2045679
Harianti, A., Malinda, M., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi , Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. 16(3), 214–220.
Indriyani, S., Handayani, N. S., Psikologi, F., Gunadarma, U., & Barat, J. (2018). MAHASISWA YANG BEKERJA SAMBIL KULIAH. 100, 153–160.
Kependidikan, J. I., Sukma, P., Wardhani, N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. 4(April), 177–191.
Manajemen, J. R., Ekonomi, F., & Unisma, B. (2022). Prodi Manajemen. 93–102.
Marselina. (2019). Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. 4, 1–6.
Minat, T., & Mahasiswa, B. (2019). PERAN MEDIASI SELF EFFICACY PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Oleh: KURNIA DEWI. VIII(01), 1–9.
No Title. (2021). 173–178. Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V7i3.423
Pada, B., & Feb, M. (N.D.). No Title. 8(1). Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V9n1.P67-78
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Wade Group.
Rungkat, D. M. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPOR BERAS DI SULAWESI UTARA. Jurnal Publikasi Universitas Sam Ratulangi Manado.
Saefudin, W. (2020). ENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. 5(8), 555–564.
Sari, R. N., Tri, E., & Maharani, W. (2019). MINAT BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIPA Di MADRASAH NEGERI. 552–561.
Silvia, M., & Hapuk, K. (2019). Efikasi Diri Dan Motivasi : Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. 59–69.
Srianggareni, N. M. (2020). PENGARUH MODERASI SELF EFFICACY PADA HUBUNGAN. 2(1), 1–10.
Stkip, D., & Daya, B. (2020). Rabukit Damanik. 6(1), 29–34.
Subowo. (2019). Economic Education Analysis Journal. 8(2), 470–484. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V8i2.31493
Sugiyanto. (2019). Minat Wirausaha. 14–55.
Sugiyono. (2019). Penelitian Kualitatif-Kuantitatif Menggunakan SPSS.
Susanti, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University. 17(2), 151–159.
Susanti, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa ( Pada Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini ). 14(2), 80–88.
Ulfert-Blank, A., & Schmidt, I. (2022). Computers & Education Assessing Digital Self-Efficacy : Review And Scale Development. Computers & Education, 191(August), 104626. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2022.104626
Wahyuningsih, R. (2020). Jurnal Kependidikan: 6(3), 512–521.
Widjaja, W. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT. 8(2), 37–49. Https://Doi.Org/10.32502/Jimn
Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Self Efficacy , Locus Of Control Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. 2(2), 268–283.
Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.
Suningsih, R., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SD Negeri No. 107441 Pematang Guntung Kec. Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 133-138.
Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., ... & Handayani, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 44-54.
Handayani, F., Sagala, A. H., Dlt, H. M., Nurhaliza, I., Zahra, L., Akbar, P., ... & Hasanah, U. (2023). Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Di Sma Cerdas Murni. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2060-2065.
Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887-894.
Julyanti, N., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). The influence of the Completeness of Islamic Religious Education Learning Facilities on Student Learning Outcomes at UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo Medang Deras District Coal District. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 55-61.
Sahara, A., Parinduri, S. A., & Nasution, H. S. (2023). The Role Of Islamic Community Figures In Fostering Youth Religious Activities At The Al-Amin Mosque In Kuala Tanjung Village, Sei Suka District, Batu Bara Regency. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 87-92.
Prayogi, E., Idris, M., & Pratiwi, I. D. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Sebagai Bentuk Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 161-166.
Pratiwi, I. D. (2023). Telaah Buku Referensi Sejarah Pendidikan Islam Di Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi Deli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3119-3127.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dewi Atika, Iskandar Zulkarnian, M. Alang Khairunnizar Bin Ismail (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.