Sosiodrama sebagai Metode Alternatif dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran PAI

Penulis

  • Fazrah Ainun Nisa Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Penulis
  • Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Penulis

Kata Kunci:

Sociodrama, PAI Learning, Student Participation, Marriage Material, Islamic Religious Education.

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA sering kali menghadapi tantangan, terutama dalam meningkatkan partisipasi siswa, khususnya pada materi pernikahan yang bersifat aplikatif. Metode ceramah yang dominan digunakan dalam pembelajaran PAI kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga menghambat pemahaman yang mendalam dan kemampuan berpikir kritis mereka. Oleh karena itu, diperlukan inovasi metode pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya melalui metode sosiodrama. Sosiodrama memungkinkan siswa untuk memerankan situasi-situasi kehidupan nyata, seperti prosesi pernikahan, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi serta keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran PAI di SMA NU Palangkaraya dan menganalisis dampaknya terhadap partisipasi siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosiodrama dapat meningkatkan partisipasi siswa, memperdalam pemahaman materi, serta mengembangkan keterampilan sosial mereka. Implementasi sosiodrama diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aladdiin, H. M. F. (2019). Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Medag/Article/View/6417

Azrasabiy, H., & Gery, M. I. (2024). Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Bermain Peran Di Mi Muhammadiyah Lebaksiuh 1 Sukabumi. 2, 2684–2696.

Daulay, L. S., & Khadijah. (2023). Hakikat Bermain Sosio Drama Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 8–12. Https://Doi.Org/10.36456/Incrementapedia.Vol5.No2.A8250

Dewi, R. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Swasta Pab-2 Helvetia. 1–110.

Dwiana, I. (2024). Metode Sosio Drama Dalam Meningkatkan Sikap Dan Hasil Belajar Pkn Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Siswa Kelas Ix-I Smp Negeri 1 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (Jptwh), 3(1), 299–323. Https://Jurnal.Widyahumaniora.Org/

Fera, A., Haz, R., Suparman, T., & Sofyan, F. S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama Terhadap Kepekaan Sosial Pada Siswa Kelas Xii Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 5(1), 5326–5335.

Fitri, R., & Pransiska, R. (2020). Keunggulan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1120–1131.

Hartati, Z., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Kalimantan, C. (2024). Islamic Teachers ’ Implementation Of The Merdeka Curriculum In Senior High Schools : A Systematic Review. 23(4), 394–408.

Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2022.Vol7(2).10851

Hilwa Wafin Nur, H. W. N., Syaiful Mustofa, S. M., & Usfiyatur Rusuly, U. R. (2024). Implementasi Metode Role-Play Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Sekolah Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1656–1666. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i4.772

Husniah, Ahmad Royani, E. M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif Pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung Dan Harakat Di Kelas Ii Sd Negeri 1 Plalangan. Journal Of Pedagogical And Teacher Professional Development, 160–169.

Istikhomah, K. (2024). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Sidowaluyo Lampung Selatan. In Uin Raden Intan Lampung (Vol. 15, Issue 1).

Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi Dalam Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah. Iqro: Journal Of Islamic Education, 6(1), 85–106. Https://Doi.Org/10.24256/Iqro.V6i1.4084

Khairiah, K., & Jumanti, O. (2022). Analisis Problematika Pendidikan Anak Usia Dini “Metode Bercerita, Demonstrasi Dan Sosiodrama.” Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2(2), 60. Https://Doi.Org/10.29300/Kh.V2i2.6110

Khasanah, S. (2019). Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Bdp 2 Smk Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. In Mr Perpustakaan Iain Ponorogo (Vol. 11, Issue 1). Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Krisnandari, E. S., Irawan, S., Krisna, A., & Agustin, M. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak. 220–231.

Labuem, S., Gaite, C., Pattimura, U., & Artikel, I. (2024). Kolaborasi Dalam Aksi : Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Dobo Melalui. 2, 195–205.

Lestarika, A., Abdurrahmansyah, & F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Role Play Materi Munakahat Siswa Kelas Xii Smk Negeri 2 Prabumulih Lestarika. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Viii(I), 1–19.

Maskuroh, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Ips Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, Dan Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 11(1), 78–90. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V11i1.8357

Muaddyl, A., Junaidi, S., Supriadi, S., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi Di Era Digital Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M . Djamil Djambek Bukittinggi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M . Djamil Djambe. 18(6), 4234–4248.

Nazwa Aprillia Wahyudi, Nurfauziah Nadya Amry, B. N. (2024). Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berdasarkan Perspektif Siswa. Karimah Tauhid, 3, 10281–10291.

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara Asean Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(2), 21–28. Http://Jurnal.Makmalpendidikan.Net/Index.Php/Jpd/Article/View/172/131

Nuraida, N. (2020). Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Adab Makan Dan Minum. Jurnal Literasiologi, 4(1), 16–28. Https://Doi.Org/10.47783/Literasiologi.V4i1.130

Prasetyaningrum, U. (2022). Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips 1 Sman 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(1), 180. Https://Doi.Org/10.26418/J-Psh.V13i1.53087

Prianto Agung Nugraha, R., & Az Zafi, A. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Islam. Al Yasini: Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Dalam Bidang Keislaman Dan Pendidikan, 5(1), 26–39.

Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag. Dr. Hj. Zainap Hartati, M. A., & Wahdarohmah, N. K. (2024). Menjadi Guru Hebat: Dalam Membangun Kesiapan Belajar Perspektif Pendidikan Islam Abad 21. In K-Media (Vol. 11, Issue 1). Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. Https://Doi.Org/10.30659/J.8.1.16-24

Putri, M. V. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa (Penelitian Pada Kelas Viii Smpn 9 Kota Magelang).

Putri, Y. S., & Rosy, B. (2020). Pengembangan Kemampuan Interaktif Dan Reaktif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Sosiodrama. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(2), 273–284. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V8n2.P273-284

Robert, A. (2022). Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas Vii Di Smp Ma ’ Arif 1 Metro.

Sobandi, O., Anwar, C., Wahyudi, D., & Nasrul, Y. (2024). Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai. 4(1).

Sri Isniyati Rahayu & Ngatmin Abbas. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen. 3(2).

Suryani, S. (2023). Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas Xi Iis Sma Negeri 9 Malinau. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 173–181. Https://Doi.Org/10.51878/Learning.V3i2.2299

Syahidin, B. M. S. &. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Akidah Melalui Model Sosiodrama Dalam Memperkuat Karakter Kejujuran Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bandung. 1(2), 122–133. Https://Doi.Org/10.29313/Idarotuna.V1i2.5435

Syahrir, M., & Marly, K. (2024). Pengembangan Pembelajaran Penerapan Metode Ceramah Bervariasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Listrik Dinamis Kelas Ix Smp. 6(2), 1760–1772.

Wahid, A. (2023). Penerapan Metode Sosiodrama Melalui Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Di Sd Parang Kls V Application Of Sociodrama Method Through Role-Playing Activities In Improving Ppkn Learning Outcomes Learning Outcomes In Parang Elementary. 1(3), 929–945.

Yuliah, S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas : Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Menggunakan Model Sosiodrama. Progressive Of Cognitive And Ability, 2(1), 164–171. Http://Journals.Eduped.Org/Index.Php/Jpr

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Nisa, F. A., & Jasiah. (2025). Sosiodrama sebagai Metode Alternatif dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran PAI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 54-65. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/268

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 155

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.