Konsepsi Penerapan Pendidikan Pranatal Dalam Islam Era Kontemporer
Kata Kunci:
Pendidikan, Pranatal, MetodeAbstrak
Anak adalah anugrah yang diberikan Tuhan pada setiap pasangan. Mayoritas pasangan yang telah menikah tentu memiliki keinginan dalam menata keturunan yang baik. Maka Al-Qur’an telah merinci isyarat mengenai pentingnya memberikan pendidikan pada calon anak dimulai sejak ia dalam kandungan. Pendidikan yang dimaksud tidak hanya pada intelektual namun juga spiritual dan mental. Pengaruh modernisasi dewasa ini memicu tantangan terhadap orang tua agar lebih selektif dalam memberikan pendidikan pada calon anak. Dari sekian banyak metode pendidikan pranatal untuk menstimulasi perkembangan otak, hormon dan lain sebagainya ternyata, Al-Qur’an lebih dahsyat dalam memberikan banyak dampak positif terhadap janin dibandingkan dengan mendengarkan musik. Hal ini membuktikan bahwa metode terbaik pada pendidikan pranatal dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara mendengar ataupun membaca Al-Qur’an sejak anak dalam kandungan.
Unduhan
Referensi
Elsbeth Stern, "Individual Differences In the Learning Potential of Human Beings, "Science of Learning”, 2016.
Indra Mulyana, Keistimewaan Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak, (Jawa Barat: CV Jejak, 2022)
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Jakarta, 2004), h.30-31
Kusrinah,“Pendidikan Pralahir: Meningkatkan Kecerdasan Anak Dengan Bacaan Al-Qur’an”, SAWWA, Vol. 8, No. 2, April 2013.
Mann, D. 2015. Babies Listen and Learn While in the Womb. Available at http://www.webmd.com/baby/news/20130102/babies-learn-womb. Accessed on September 11 th 2015.
Moh. Muslih dkk.,Inovasi Pendidikan dan Praktik Pembelajaran Kreatif, (Jawa Tengah: PT. Nasya ExpandingManagement, 2021).
Mansur, Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Kado Buat Pengantin Baru, Calon Ibu dan ibu Hamil,(Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2009).
Mikyal Oktarina &Rahmadon, “Pendidikan Anak dalam Kandungan Menurut Perspektif Islam”, SERAMBI TARBAWI: Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, Juli 2019.
Zaenal Abidin MZ, “Pendidikan Anak Dalam Kandungan Perspektif Pendidikan Islam”. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1, Juni 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zaki Mulana, Muzakir (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.