Menghafal Al-Qur’an Sebagai Sarana Pengelolaan Emosi Peserta Didik SMP IT Rabbi Radhiyya

Penulis

  • Miftah Aulia Rahmi Universitas Imam Bonjol Padang Penulis
  • Martin Kustati Universitas Imam Bonjol Padang Penulis
  • Nana Sepriyanti Universitas Imam Bonjol Padang Penulis

Kata Kunci:

Menghafal Al-Qur’an, Mengelola Emosi, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik

Abstrak

Aktivitas menghafal Al-Qur’an memiliki potensi tidak hanya sebagai ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter dan pengelolaan emosi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana tahfidzul Qur’an berperan dalam membantu peserta didik mengelola emosi mereka di lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif di SMP IT Rabbi Radhiyya, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas tahfidz membantu peserta didik menenangkan diri, mengurangi emosi negatif, serta meningkatkan kontrol diri dalam menghadapi tekanan belajar dan interaksi sosial. Aktivitas ini juga menjadi ruang pembiasaan spiritual yang memperkuat kestabilan emosional. Penelitian ini merekomendasikan integrasi program tahfidz dengan pembinaan karakter emosional dalam sistem pendidikan Islam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Adianty, G. R., & Savira, S. I. (2024). Penerimaan Diri Orangtua yang Memiliki Anak Tunanetra. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 197–211.

Aidil, A., Anisa, N., Putri, P. A., Agmaza, A., Sari, N. I., Heriyansyah, H., Arif, M. I., Wahdaniyah, S. W., Budiono, M. R. A., & Gunawan, W. (2024). Membumikan Al-Qur’an dalam Berbagai Aspek Kehidupan.

Ariyani, N., Hidayah, M. U., & Saleh, K. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 2(1), 1–11.

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Badruzzaman, M. F. (2024). Pengelolaan Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur‟An Peserta Didik Di SMA Islam PB Soedirman Jakarta [Masters, Institut PTIQ Jakarta].

Baktio, H., & Utama, W. (2013). Kecerdasan emosi. Widyaiswara Utama.

Fathi, M. (2025). Pembentukan Karakter Religius Santri Putra melalui Program Membaca Al-Qur’an dan Sholat Dhuha di PPTQ Al-Mustaqimiyyah. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 358–370.

Geti Putri, A. (2022). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Akhlak Santri/Santriwati Di Rumah Tahfidz Daarul Jannah Desa Titian Modang Kopah Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi [PhD Thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi].

Goleman, D. (2022). Emotional Intelegence. PT Gramedia.

Marita, V. F., & Rahmasari, D. (2021). Resiliensi perempuan korban kekerasan dalam hubungan pacaran. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 109–121.

Maryati, Y. S., Saefullah, A. S., & Azis, A. (2025). Landasan normatif religius dan filosofis pada pengembangan metodologi pendidikan agama islam. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi Dan Humaniora, 1(2), 65–84.

Mokar, T. W., & Kristiawan, R. (2024). Berhikmat dalam Mengelola Amarah: Studi Topikal Penggunaan Kata Marah dalam Kitab Amsal. Student Evangelical Journal Aiming At Theological Interpretation, 1(2), 64–81.

Muliyadi, M., Amin, M., & Arifin, Z. (2025). Kegiatan Dhuha Dalam Menanamkan Karakter Islami Pada Siswa Di Sd Aulia Cendekia Islamic School Pekanbaru. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 184–195.

Pare, N., & Habsy, B. A. (2024). Teori Dan Praktik Konseling Reality Therapy: Tinjauan Literatur. Jurnal Psikologi Revolusioner, 8(10).

Prihatini, A., & Hanani, S. (2023). Studi Kegiatan Tadarus Al-Qur’an Dikalangan Remaja Masjid Taqwa Di Kapalo Koto Kanagarian Balai Gurah Kecamatan Iv Angkek Kabupaten Agam. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 23(1), 25–53.

Rofiq, A., & Khoirinnada, N. A. (2024). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 33–43.

Samsudin, S., Makhshun, T., & Farhan, M. (2020). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Quran Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Rumah Tahfizh Darus Syifaâ€TM RSI Sultan Agung). Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(1), 56–77.

Sari, I. A. (2020). Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Tahfidz Di Sma It Baitul Muslim Lampung Timur [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung].

Satra, M., & Muarifah, A. (2024). Tinjauan literatur tentang kesejahteraan psikologis pada penghafal al-Qur’an. Qudwah Qur’aniyah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 42–60.

Setyawan, I. (2023). Peran regulasi emosi terhadap penyesuaian diri peserta seleksi paskibraka provinsi Jawa Tengah. Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi.

Suherman, S., & Markhamah, M. (2024). Faktor Strategis Peningkatan Kemandirian Belajar Anak Papua Siswa SD. Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–50.

Syofiah, P. N., Machmud, R., & Yantri, E. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita di Puskesmas Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4). https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1133

Tjendra, M. J., Setiawan, T., & Riswandari, E. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tindakan Penggelapan Pajak (Studi Literatur Tahun 2018-2023). Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2145

Wawancara. (2025, June 5). [Personal communication].

Widodo, C. A., Pratama, D., Pranantya, D. N., Nafiatus, D., Sika, F. R. A., & Ediyono, S. (2023). Pengendalian Emosi Menurut Teori Stoikisme. Jurnal Psikologi, 4(1), 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Rahmi, M. A. ., Kustati, M. ., & Sepriyanti, N. . (2025). Menghafal Al-Qur’an Sebagai Sarana Pengelolaan Emosi Peserta Didik SMP IT Rabbi Radhiyya. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 574-580. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/463

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 229

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.