Ideologi Dan Paradigma Politik Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Ideologi, Paradigma Politik, Pendidikan Islam, Studi Kepustakaan, Pendekatan Kualitatif.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ideologi dan paradigma politik pendidikan Islam melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana ideologi dan paradigma politik mempengaruhi dan membentuk sistem pendidikan Islam, serta implikasinya terhadap kebijakan pendidikan di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Dengan menggunakan berbagai sumber literatur, baik primer maupun sekunder, penelitian ini menganalisis pandangan teoritis dan praktis mengenai hubungan antara agama dan politik dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ideologi politik yang dominan dalam suatu negara memiliki dampak signifikan terhadap kurikulum, metode pengajaran, dan orientasi pendidikan Islam. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa ada perbedaan paradigma pendidikan Islam antara negara-negara dengan latar belakang politik yang berbeda, yang mencerminkan variasi dalam interpretasi dan implementasi ajaran Islam dalam sistem pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk memahami secara komprehensif dinamika pendidikan Islam, perlu mempertimbangkan aspek ideologis dan politik yang melingkupinya
Unduhan
Referensi
Achmadi, “Ideologi Pendidikan Islam”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Arif Rohman, “politik ideology pendidikan”, (Yogyakarta: LaksBang, 2009.
Beni Ahmad Saebani, Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2009).
Davison, A. (2003). Turkey, a Modern History. London: I.B. Tauris.
Doumato, E. A. (2003). "Manning the Barricades: Islam according to Saudi Arabia's School Texts." In The Islamic World and the West: An Introduction to Political Cultures and International Relations, edited by K. E. Schulze, pp. 64-77. Boulder, CO: Westview Press.
Hefner, R. W. (2007). "Islamic Schools, Social Movements, and Democracy in Indonesia." In Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia, edited by R. W. Hefner, pp. 55-105. Honolulu: University of Hawai'i Press.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah), (Bandung: Rosda, 2008).
Nasr, V. (2001). Islamic Leviathan: Islam and the Making of State Power. Oxford: Oxford University Press.
Siswanto masruri, http://siswantomasruri.wordpress.com/paradigma-liberal-unggul-dan-sejahtera-dalam-bingkai-pendidikan-global/2010/.Di akses pada tanggal 30 September 2014.
Tedi Priatna, Reaktualisasi Paradigma Pendidikan, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004).
William F. O’Neil. 2001. “ideologi-ideologi pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ais Isti’ana (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.







