Integrasi Teori Linguistik Ferdinand de Saussure dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Arsi Juliani Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis
  • Putri Anggraini Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis
  • Rina Rehayati Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Penulis

Kata Kunci:

Teori Linguistik Saussure, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Signifiant-Signifié, Langue-Parole

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk metodologi pengajaran yang cenderung konvensional dan kesulitan siswa dalam menghubungkan struktur bahasa dengan pemahaman makna yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teori linguistik struktural Ferdinand de Saussure dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab pada PAI serta mengembangkan model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research)), studi ini menganalisis konsep-konsep utama Saussure seperti dikotomi langue-parole, signifiant-signifié, serta pendekatan sinkronis-diakronis dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori linguistik Saussure menawarkan kerangka teoretis yang kokoh untuk mengembangkan metodologi pembelajaran bahasa Arab yang lebih sistematis dan bermakna. Integrasi teori ini memungkinkan siswa tidak hanya memahami struktur kebahasaan (signifiant) tetapi juga makna mendalam (signifié) yang terkandung dalam teks-teks keagamaan. Guru bahasa Arab dalam konteks PAI memiliki peran strategis sebagai fasilitator yang menghubungkan antara sistem langue dengan parole, sehingga siswa dapat mengaplikasikan pemahaman linguistik dalam penghayatan keagamaan. Penelitian ini merekomendasikan reorientasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab pada PAI dengan memasukkan aspek-aspek teoretis linguistik modern sebagai landasan pengembangan materi dan metode pembelajaran yang lebih integratif.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Acep Hermawan, (2011), Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: Remaja Rosdakarya,

Asna Andriani, (2015), Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam, TA’ALLUM, Vol. 03, No. 01.

Chaer, Abdul. (1994), Linguistik Umum Jakarta: Rineka Cipta.

Ferdinand de Saussure, Course in General Linguistics, terj. Wade Baskin New York: Columbia University Press, 2011.

John E. Joseph, (2012), Saussure (Oxford: Oxford University Press.

Moh Arif Nurmuzib Agung, Integrasi Teori Signifiant-Signified Saussure Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab, Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol 7 No 2 Oktober 2024

Ratna, Nyoman Kutha, (2011)Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verhaar, J. W. M., (1977), Teori Linguistik Modern, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Juliani, A. ., Anggraini, P. ., & Rehayati, R. . (2025). Integrasi Teori Linguistik Ferdinand de Saussure dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab pada Pendidikan Agama Islam. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 358-364. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/362

Artikel Serupa

1-10 dari 146

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.