Pendidik Dan Peserta Didik, Dalam Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Pendidik, Peserta Didik, Akhlak, Insan KamilAbstrak
Artikel ini membahas peran pendidik dan peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam, yang merupakan inti dari proses pembelajaran yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Pendidik dalam Islam tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing, teladan, dan agen perubahan yang bertujuan membentuk insan kamil. Di sisi lain, peserta didik bukan sekadar penerima ilmu, melainkan individu yang aktif mencari, memahami, dan mengaplikasikan pengetahuan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Kajian ini menyoroti karakteristik ideal pendidik dan peserta didik dalam Islam, seperti integritas, akhlak mulia, dan komitmen terhadap ajaran agama. Dengan pendekatan konseptual, artikel ini menekankan pentingnya hubungan harmonis antara keduanya dalam menciptakan proses pendidikan yang holistik dan transformative. Temuan ini relevan dalam membangun sistem pendidikan Islam yang berkontribusi positif terhadap perkembangan individu dan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Alam, Zainab. (2021). Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Al-Qur’an. Grafika Press.
Alwi, T. (2022). Filosofi Pendidikan Islam. Al-Azhar Press.
Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.
Ahmad Faozan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan), bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.
Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.
Budi Utomo. (2022). Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Pustaka Hidayah.
Fahmi Ali. (2021). Metode Pengajaran dalam Pendidikan Islam. UPI Press.
Hidayati, N. (2021). Pendidikan Islam dalam Konteks Modernitas. alvabet.
Latif, A. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam: Pendidik, Peserta Didik, dan Proses Belajar. Bumi Aksara.
Lubna. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Kajian Teoretis dan Praktis. UIN Mataram.
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30.
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Risdawati. (2021). Pendidikan Islam: Konsep, Peran Pendidik dan Peserta Didik. LP3M IAIN Batusangkar.
Syahrir. (2021). Pendidikan Islam untuk Pembangunan Karakter. Rineka Cipta.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Tohir, M. (2023). Pendidikan Islam Berbasis Nilai dan Etika. Pustaka Islamika.
Zulkarnain. (2022). Etika Pendidikan Islam dan Tantangannya di Era Digital. Gema Insani Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Wahyudi, Dhea Melati Putri, Mutia Alamiah Warda (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.