Perspektif Bloom Dalam Implementasi PBL Pada MAPEL PAI (Analisis Literatur Implementasi PBL Pada MAPEL PAI)

Penulis

  • Fikri Ulumudin Nurhakim Universitas Muhammadiyah Bandung Penulis
  • Elsabila Millaty Latiefah Universitas Muhammadiyah Bandung Penulis
  • Sitti Chadidjah Universitas Muhammadiyah Bandung Penulis

Kata Kunci:

Taksonomi Bloom; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pendidikan; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotor

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis literatur terkait Taksonomi Bloom dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam konteks pendidikan. Taksonomi Bloom, yang diperkenalkan pada tahun 1956, mengelompokkan tujuan pembelajaran ke dalam tiga ranah: kognitif, afektif, dan psikomotor. Setiap ranah terdiri dari kategori yang berhierarki, penting untuk perkembangan peserta didik yang seimbang. PBL, sebagai metode pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengenalan masalah nyata yang memerlukan pengetahuan baru. Penelitian menunjukkan bahwa penggabungan Taksonomi Bloom dan PBL dapat memperkaya pengalaman belajar, mendukung pengembangan kompetensi yang relevan dengan tuntutan zaman, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Dengan demikian, kedua pendekatan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan membentuk karakter peserta didik yang holistik

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Putra, R. P., Yaqin, M. A., & Saputra, A. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research, 2(1), 149-158. https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim.

Sihotang, A., Yaqin, M. A., & Pohan, S. (2024). Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa (Studi Kasus di SMAN 16 Medan). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3353-3363. https://jurnaldidaktika.org.

Lestari, B., Saleha, N., Richmasari, S., & Alfan, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 1-14. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd.

Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. B. U., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358. https://doi.org/10.33654/pgsd.

Putra, R. P., Yaqin, M. A., & Saputra, A. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-26. https://doi.org/10.33654/pgsd.

Assegaff, A., Sontani, U. T., & Fauzi, A. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38-48. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 38-48. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction.

Muhammad, I., & Ariani, S. (2021). Kognisi Taksonomi Bloom, Kurikulum 2013 dan Penerapannya dalam Pembelajaran Agama Islam di Indonesia. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 425-443. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.6303.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489.

Tiara, A., & Juhari, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Bersih Itu Sehat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(2), 1-13. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.6303.

Munzir, & Suyadi. (2023). Akal bertingkat dan taksonomi Bloom: Pengembangan pendidikan Islam berorientasi HOTS. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 231-244. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.7982.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 132-139. http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/issue/view/696.

Handayani, I. P., & Irawan, D. (2022). Keterampilan Metakognitif Ditinjau dari Perspektif Taksonomi Bloom Edisi Revisi dalam Pembelajaran PAI. STUDIA RELIGIA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 175-189. https://doi.org/10.32832/studia.religia.v6i2.7982.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13-22. https://doi.org/10.32832/jaa.v4i1.12345.

Thulfitrah, N., & Awaliyahputri, N. (2021). Mengapa Taksonomi Bloom Perlu Direvisi? (Telaah Perspektif Pendidikan Agama Islam). Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 37-50. http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/issue/view/696.

Marta, M. A., Purnomo, D., & Gusmameli. (2025). Konsep Taksonomi Bloom dalam Desain Pembelajaran. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 227-246. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4572.

Halawa, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa di SMP Negeri 3 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2021/2022. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 227-246. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4572.

Jaya, M. T., Rafin, M., Nurrohman, M. M., & Ghofur, A. A. (2025). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran PAI dengan Menggunakan Model Taksonomi Bloom. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 5(1), 122-129. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4572.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Nurhakim, F. U. ., Latiefah, E. M., & Chadidjah, S. (2025). Perspektif Bloom Dalam Implementasi PBL Pada MAPEL PAI (Analisis Literatur Implementasi PBL Pada MAPEL PAI). At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 238-249. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/310

Artikel Serupa

1-10 dari 132

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.