Implementasi Tekhnologi Digital Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam : Studi Kasus Di SMPN 23 Pesawaran
Kata Kunci:
Tekhnologi Digital, Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai IslamAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguraikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di Sekolah , (2) menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan nilai-nilai tersebut, serta (3) menggambarkan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Islami di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan lokasi penelitian yang terletak di SMPN 23 Pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Untuk memeriksa validitas data, diterapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan nilai-nilai karakter berbasis Islam di SMPN 23 Pesawaran dilaksanakan melalui berbagai program sekolah, seperti budaya 5S, berdoa sebelum dan sesudah belajar, kegiatan membaca asmaul husna, program yasinan setiap Jumat, sedekah Jumat, sholat dhuha, dan peringatan hari-hari besar keagamaan. (2) Namun, dalam penerapan nilai-nilai karakter tersebut, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, antara lain rendahnya motivasi siswa, kurangnya rasa percaya diri, pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua. (3) Untuk mengatasi permasalahan dalam membentuk nilai-nilai karakter Islami, para guru melakukan berbagai upaya, yaitu melalui keteladanan, kegiatan intrakurikuler, dan penyampaian pesan-pesan moral.
Unduhan
Referensi
Badaruddin, Sukri. “INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SETIAP MATA PELAJARAN DI TINGKAT SMPN (Studi pada Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba).” SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya 14, no. 2 (2020): 139. https://doi.org/10.26858/supremasi.v14i2.13146.
Carvina, Mona, Muhammad Iqbal, Cut Khairani, Rambang Muharramsyah, dan Riandi Marisa. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Islami di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. November (2023): 2537–54. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5050.
Eryandi, Eryandi. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1, no. 1 (25 Maret 2023): 12–16. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.27.
Islam, Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, dan Akhlak Mulia. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan” 7 (2024): 15559–67.
Kulsum, Ummi, dan Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12, no. 2 (21 Oktober 2022): 157–70. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.
Nurhabibi, Nurhabibi, Arifannisa Arifannisa, Diauddin Ismail, Dedi Kuswandi, Aprillia Fentika Dewi Gita Anggraeni, dan Yunita Abdullah Aji. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 5, no. 2 (28 Maret 2025). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1527.
Qowim, Agus Nur, Nur Afif, Asrori Mukhtarom, dan Erna Fauziah. “Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Pengintegrasian Nilai-Nilai Moral Dalam Kurikulum Berbasis Teknologi.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 6, no. 1 (30 Juni 2024). https://doi.org/10.31000/jkip.v6i1.11512.
Rejeki, S, M Sitorus, dan R D Perkasa. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai- Nilai Islam pada Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin.” Jurnal Pendidikan … 7 (2023): 2616–23.
Syifa, Alfiana, dan Auliya Ridwan. “Pendidikan Karakter Islami Di Era Digital: Tantangan Dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali.” Social Studies in Education 2, no. 2 (15 Desember 2024): 107–22. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.107-122.
Zulkifli, dan Hasniwati. “Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan Hulu.” Jurnal Al-Aulia 06, no. 2 (2020): 102–13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alifia Nuri Anggraini, Alpina Anjelika, Alsha Silvia Grymitha, Amanda Aulia, Evi Febriani (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.