Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Etika Digital Siswa Di Era Media Sosial
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Etika Digital, Media Sosial, Siswa, KarakterAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan media sosial yang pesat telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku siswa, khususnya dalam hal etika digital. Permasalahan seperti perundungan siber (cyberbullying), penyebaran konten negatif, ujaran kebencian, dan perilaku tidak sopan semakin marak di kalangan siswa, yang mencerminkan kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral dalam lingkungan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk etika digital siswa di era media sosial. Dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai sumber ilmiah untuk mengeksplorasi bagaimana PAI berkontribusi terhadap internalisasi nilai-nilai Islam seperti kejujuran, tanggung jawab, kesopanan, dan menghormati orang lain dalam interaksi digital siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PAI memiliki peran penting dalam memberikan landasan moral yang kuat bagi siswa untuk menghadapi tantangan kehidupan digital, serta mendorong penggunaan teknologi secara bijak, etis, dan bertanggung jawab. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam integrasi nilai-nilai Islam ke dalam perilaku digital siswa, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik dan orang tua dalam membimbing siswa menggunakan media sosial secara konstruktif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan kajian pendidikan Islam, khususnya dalam menjawab tantangan digital kontemporer yang dihadapi oleh generasi muda saat ini.
Unduhan
Referensi
Hasan, Hanif, M. Ansyar Bora, Dini Afriani, Listya Endang Artiani, Ratna Puspitasari, Anggi Susilawati, Putri Maha Dewi, dkk. Metode Penelitian Kualitatif. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2025.
Kholiq, Abd. “Peran Etika Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi.” Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (23 Agustus 2023):
71–76.
MM, Drs H. Mokh Nuryo Wachyudi. Prospek PAI & Budi Pekerti Di Era Teknologi AI : Antara Harapan Dan Kenyataan Di Balik Detox Peradaban. Penerbit Adab, t.t.
Novita, Novita Nur Inayha. “Penguatan Etika Digital Melalui Materi ‘Adab Menggunakan Media Sosial’ Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0.” Journal of Education and Learning Sciences 3, no. 1 (31 Maret 2023): 73–93.
Pitri, Dede, Momod Abdul Somad, dan Mokh Iman Firmansyah. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI ERA
DIGITAL:TANTANGAN DAN PELUANG.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 22, no. 1 (1 Maret 2025): 1–15.
Pradana, Dominicus Wahyu, dan Febriyanti Amol. “Etika Teknologi: Kajian Sistematis, Trend Dan Potensi Riset Etika Teknologi Digital.” Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology 6, no. 2 (26 November 2024): 51–57. https://doi.org/10.37823/insight.v6i2.405.
Satiadharmanto, Deddi Fasmadhy, Amin Cempokowulan, Abdilah Rahman, Nur Sodikin, Yatin, dan Hendrawan. “Membangun Karakter Anak Di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perlindungan Hukum.” Maximal Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan 2, no. 1 (2 Desember 2024):
97–108.
Romlah, Sitti, dan Rusdi Rusdi. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA.” Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam 8, no. 1 (30 Juni 2023): 67–85.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tri Nanik Hartati, Vika Desy Wulansari, Umi Maghfiroh, Evi , Ulfa Aulia Putri (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.