Strategi Guru Menggunakan Alat Peaga Miniatur Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MAS Al-Washliyah Indrapura
Kata Kunci:
Strategi Guru, Alat Peraga Miniatur, Minat Belajar, FiqhAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menggunakan alat peraga miniatur guna meningkatkan minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqh di MAS Al-Washliyah Indrapura. Fokus penelitian ini adalah bagaimana media visual konkret berupa miniatur mampu membuat materi Fiqh yang bersifat abstrak menjadi lebih mudah dipahami dan menarik minat siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi Fiqh, terutama materi praktik seperti mandi jenazah dan sholat jenazah, karena selama ini lebih banyak diajarkan melalui ceramah tanpa visualisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga miniatur oleh guru dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Strategi pembelajaran yang diterapkan meliputi demonstrasi langsung, diskusi kelompok, dan pembelajaran berbasis praktik yang mendorong siswa untuk lebih terlibat. Peningkatan minat belajar terlihat dari antusiasme siswa saat mengikuti pembelajaran, keberanian bertanya, dan kemampuan mengingat langkah-langkah praktik dengan lebih baik. Namun, terdapat beberapa kendala dalam penerapan strategi ini, seperti keterbatasan waktu, alat peraga yang masih sederhana, serta kurangnya fasilitas pendukung. Meskipun begitu, evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap pelajaran Fiqh. Oleh karena itu, strategi ini dapat dijadikan rujukan dalam mengembangkan metode pembelajaran berbasis media visual yang lebih inovatif.
Unduhan
Referensi
Adam Saputra, D. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Magelang. … Pembinaan Kelembagaan Agama …. http://lppm.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/KALIDONI.pdf
Agusti, Y. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1–110.
Al Akbar, A., Syuwari, H. R., Muna, N., Cholimah, V. N., Maghfiroh, A. H., Kartika, I., Atika, I. N., & Muadi, M. (2023). Pengembangan Alat Peraga Listrik Searah pada Miniatur Rumah. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.62385/ijles.v1i1.2
Aminy, A., Islam, U., Sumatera, N., Darlis, A., Islam, U., Sumatera, N., Farabi, M. Al, Islam, U., Sumatera, N., Tanjung, N. I., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL- QUR ’ AN. 06, 227–238.
Annisah, S. (20119). Alat perga pembe. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
Arafa, I., & Supriyanto, S. (2021). Strategi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 1–9.
Dharma, A. P., Rahmatullah, N., Bunyamin, E. M., Safitri, D. A. W., & Kurnia, I. (2023). Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler. 86.
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
Hikmah, K. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Al Maudo Jatinegoro Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021-2022. Repository.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Jannah, R., Shohibur Ridlo, R., & Muawwanah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Untuk Manasik Haji Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah. Jemi, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.61815/jemi.v1i2.286
Kelas, S., Sd, V. I., Dalena, M., Koto, I., & Winarni, E. W. (2024). Pengembangan Paket Miniatur Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA. 3(2), 399–412.
Kurniasih, N. (2022). Pengaruh Alat Peraga Miniatur Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 3 Balaesang Tanjung.
Latif, A. (2019). zahairini, Sejarah Pendidikan Isiam, Jakarta: Bumi Aksara, 2019,55. 55–75.
Maesaroh, S. (2022). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam [The role of learning methods on interest and learning achievement in Islamic religious education]. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mayasari, N. johar A. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 14, Issue 5).
Media, P., Peraga, A., Meningkatkan, U., Belajar, M., Hasil, D. A. N., Ipa, B., Bahasan, P., Ponorogo, J., Ayubi, A. A. L., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2022). ayubi Pedoman bab 1. 1–96.
Mulianingtias, R., & Pasaribu, F. T. (2024). Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 57–64.
Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203
Nasaruddin, N. (2020). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Nurfaizah, S., & Oktavia, P. (2020). Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di MI Nurul Hikmah. As-Sabiqun, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.621
P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Putrawangsa, S., & Dkk, siti N. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Issue April, pp. 1–107).
Rahim, A., Yusnan, M., & Kamasiah, K. (2021). Sistem Pengembangan Minat Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i1.3152.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Iza Humairo Tanjung, Herry Syahbannuddin Nasution, Jusua Barus (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.