Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Siswa Di SMA Negeri 1 Air Putih
Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Nilai-nilai Moderasi BeragamaAbstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Air Putih menunjukkan komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai moderasi beragama, dengan fokus utama pada sikap toleransi, inklusivitas, dan penghormatan terhadap perbedaan keyakinan. Pendekatan tersebut tercermin dalam kurikulum formal, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan sosial yang mendorong dialog antaragama. Berdasarkan strategi pembelajaran yang diterapkan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Air Putih dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut, yaitu Pendekatan Pembelajaran Holistik; Metode Pembelajaran Interaktif; Keterlibatan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler; Pemanfaatan Sumber dan Kolaborasi; Dukungan dan Komitmen Sekolah. Secara keseluruhan, strategi pembelajaran yang diterapkan Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Air Putih telah terbukti efektifitasnya dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada diri peserta didik. Dengan pendekatan yang komprehensif, interaktif, dan melibatkan banyak pihak, guru PAI telah berhasil membantu peserta didik memahami, menghayati, dan menginternalisasi sikap toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman agama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak hanya relevan untuk konteks pendidikan di sekolah, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk hidup harmonis dalam masyarakat multikultural dan multiagama.
Unduhan
Referensi
Adisusilo, J.R, S. (2020). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta, Rajawali Pers.
Alfan, M. (2019). Pengantar Filsafat Nilai. Bandung, Pustaka Setia.
Arif, S. (2020). Moderasi Beragama dalam Diskursus Negara Islam : Pemikiran KH . Abdurrahman Wahid Religious Moderation in the Islamic State Discourse : KH . Abdurrahman Wahid ’ s Thought. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 74–104.
Ashoumi, H., Husna, I. A., & Sa’diyah, C. (2023). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7 (3), 461.
Azhar, S. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
B. Uno, H. (2018). Model Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara.
Babun, S. (2019). Moderasi Beragama dari Indonesia untuk Dunia. LKiS Yogyakarta.
Bungin, B. (2018). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya, Airlangga University Press.
Chowmas, D. (2009). Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Pandangan Agama Buddha. In Toleransi (Vol. 1, Issue 2, pp. 156–167).
Ghazali, A. M. (2013). Teologi Kerukunan Beragama Dalam Islam (Studi Kasus Kerukunan Beragama di Indonesia). Analisis, XIII (2), 281–302.
Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18 (2), 182–186.
Kaca, G., Kholidi, A. K., & Arifin, B. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SD Negeri 12 Merapi Timur Desa Gunung Kembang. Visi Sosial Humaniora (VSH), 4 (2), 68–80.
Kementerian Agama RI. (2017). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta, Lentera Abadi.
Maya, R., Sarbini, M., & Alfarisi, M. F. (2023). Strategi Implementasi Moderasi Beragama Perspektif ‘Alî Muhammad Al-Shallabi: Dalam Mata Kuliah Tafsir Tarbawi di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (03), 2322.
Muchith, M. S. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama. Yogyakarta, Nas Media Indonesia.
Mufarokaha, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta, Teras.
Muhaimin, & Mujib, A. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofik Dan Kerangka Dasar Operasional. Bandung, Trigenda Karya.
Munifah, M. (2016). Membingkai Holistic Education Dan Nilai-Nilai Institusi Bagi Terwujudnya Revolusi Mental: Kajian Kontribusi Pemimpin Pendidikan Melalui Pemberdayaan Nilai-Nilai Institusi. Didaktika Religia, 3(2), 1–18.
Na, D. E. C., & Hipertensiva, C. (2019). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta Pusat, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI.
Nasikhah, U. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Di Kelas. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1, 51–64.
Nur’aini, S. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan. In Jurnal Ilmiah Pedagogy (Vol. 16, Issue 1).
Pelu, H., & Nur, N. (2022). Penerapan Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah. Educandum, 8(2), 246.
Saiful Bahri, M., & Mumun Muniroh, S. (2023). Peran Program Konseling Berbasis Nilai Agama Dalam Membentuk Wawasan Yang Toleran Dan Moderat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(7), 567–579.
Sarman, M. (2018). Meretas Radikalisme Menuju Masyarakat Inklusif. Yogyakarta, LKiS Yogyakarta.
Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah, Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tangerang, Lentera Hati.
Subur. (2017). Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta, Kalimedia.
Sugiarto, E. (2019). Menyusun Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta, Suaka Media.
Safitri, N., Idris, M., & Barus, J. (2023). Analisa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pai Di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Darul Abror, Desa Pematang Cengkring Kec. Medang Deras. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 205-210.
Pratiwi, I. D. ., & Syahlan, A. . (2023). Pemanfaatan Aplikasi Power Point Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Aliyah Pondok Pesantren Al-Hasymiyah Tebing Tinggi. INOVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13-15
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348.
Suyadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta, Bumi Aksara.
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Moderasi Beragama Dalam Islam Dan Relevansinya Dengan Konteks Keindonesiaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 208–218.
W, S. (2022). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2704–2714.
Wahyuddin. (2019). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta, Gramedia Widiasarana Indonesia.
Zahdi. (2021). Implementasi Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Mushola Nur Ahmad. Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 142–159.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agung Maulana, Jusua Barus, Ali Syahlan (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.