Pembentukan Kepribadian Muslim Dengan Tarbiyah Islamiyah
Kata Kunci:
Kepribadian, MuslimAbstrak
Pembentukan Kepribadian Muslim adalah upaya untuk membentuk kepribadian seseorang agar sesuai dengan aqidah dan nilai-nilai Islam. Kepribadian Muslim adalah kepribadian yang pandangan, sikap, pilihan, keputusan, dan perbuatannya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Sangat penting untuk melakukan ini karena kerusakan moral semakin meningkat. Ini terjadi meskipun mayoritas masyarakat kita beragama Islam, agama yang dikenal sangat menjunjung tinggi moralitas. Dalam tulisan ini, konsep Tarbiyah Islamiyah, yang merupakan bagian dari Pembentukan Kepribadian Muslim, dijelaskan secara rinci. Ia merupakan ide, pendapat, atau rencana tentang cara ideal untuk berinteraksi dengan fitrah manusia untuk mengubah diri sendiri untuk kebaikan. Konsep ini mencakup elemen penjagaan, pembentukan, dan perbaikan secara operasional. Melibatkan diri dan orang lain. Meliputi aspek akal, fisik dan ruh. Sebagai sarana utama untuk mewujudkan kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat terbaik, sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Unduhan
Referensi
Al Quran Al Karim 1983. Daar Ibnu Katsir, Damaskus Abraham, Amit 2005.
Arifin, Muzayyin 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara, jakarta
Mahmud, Ali Abdul Halim 1999. Perangkat-Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin. Intermedia, Jakarta Prayitno, Irwan 2002A. Membentuk Kepribadian Muslim. Pustaka Tarbiatuna. Jakarta
Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta
Qardhawy, Yusuf 1993. Prioritas Gerakan Islam. Terjemahan Oleh A. Najiyulloh. Al Ishlahy Press, Jakarta
Raudhatul Jannah, Tim 2000A. Garis-Garis Besar Program Tarbiyah, buku A. Kelompok Kajian Manhaj Tarbiyah, Jakarta
Salim, Peter 1993. Practical English-Indonesian Dictionary. Modern English Press, Jakarta Sujanto, Agus 1996. Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta, Jakarta
Suryabrata, Sumadi 2002. Psikologi Kepribadian. Raja Grafindo Persada, Jakarta Uhbiyati, Nur 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung
Nasution, R. H., & Sartika, L. (2024). Marriage Agreement: Is It A Solution Or A Dilemmatic. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 26-30
Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Bara, Y. B., & Sartika, L. (2023). Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 29-32.
Ansari, Y., & Sartika, L. (2023). Tauhid Dan Pendidikan Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 22-27.
Al-Attas, S. M. N. (2001). Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).
Al-Ghazali, A. H. M. (1993). Ihya’ Ulumuddin. Darul Fikr.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Ibn Qayyim Al-Jauziyah. (2010). Madarijus Salikin (Tahapan Pendakian Menuju Allah). Pustaka Azzam.
Nasution, H. (2005). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. UI Press.
Rahman, F. (2018). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. University of Chicago Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Khairul Fahmi , Andri Priatma, Muhammad Zein Damanik (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.