PROBLEMATIKA KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BERKARAKTER
Kata Kunci:
Keyakinan Epistemik, Guru Sekolah Dasar, Membaca PemahamanAbstrak
Kurikulum Berperan Penting Untuk Mewujudkan Generasi Masa Depan Yang Baik Dan Berguna Bagi Bangsa Dan Negara. Menciptakan Pemuda Dan Pemudi Yang Memiliki Sifat Tanggung Jawab,Kreatif,Inovatif,Dan Menjadi Seseorang Yang Ahli. Kurikulum Adalah Jantungnya Sekolah Dan Sekolah Itu Adalah Jantungnya Masyarakat Juga Masyarakat Itu Sebagai Jantungnya Dari Sebuah Negara Dan Bangsa. Sehingga Bangsa Akan Maju Apabila Memiliki Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas,Berkarakter,Dan Bermutu Yang Tinggi. Namun Perkembangan Kurikulum Sering Sering Menemukan Banyak Problem Yang Memerlukan Solusi. Kajian Ini Bertujuan Untuk Mengidentifikasi Problem-Problem Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Berkarakter Penelitiang Menggunakan Metode Kajian Pustaka. Dari Hasil Kajian Diperoleh Masalah Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Berkarakter, Yaitu Perumusan Kurikulum Pendidikan Karakter Masih Dibawah Kepentingan Politik Kelompok. Kurikulum Pendidikan Juga Tumpeng Tindih Dengan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Pendidikan Pancasila,Dan Pendidikan Agama. Sementara Itu,Problem Pembelajaran Pendidikan Karakter Bermuara Pada Metode,Media,Lingkungan Pendidikan Yang Tidak Kondusif, Dan Hilangnya Keteladanan Dari Orang Tua.
Unduhan
Referensi
Ali, M. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Amiruddin, et al. (2017). Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing. Arthur, J. (2003). Education with Character. In Education with Character.
https://doi.org/10.4324/9780203220139
Baehr, J. (2017). The Varieties of Character and Some Implications for Character Education. Journal of Youth and Adolescence, 46(6), 1153–1161. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0654-z
Banks, J. A. (2009). Multicultural Education: Characteristics and Goals. In J.
A. Banks & C. A. McGee (Eds.), Multicultural Education: Issues and Perspectives. New York: John Wiley and Sons.
Barrett, B., & Rata, E. (Eds.). (2014). Knowledge and the Future of the Curriculum. https://doi.org/10.1057/9781137429261
Burroughs, M. D. (2018). Ethics Across Early Childhood Education. In Ethics Across the Curriculum-Pedagogical Perspectives (pp. 245–260). https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_15
Curren, R. (2018). Sustainability Ethics Across the Curriculum. In Ethics Across the Curriculum-Pedagogical Perspectives (pp. 273–287). https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_17
Davis, M. (2018). Moral Theory in Ethics Across the Curriculum? In Ethics Across the Curriculum-Pedagogical Perspectives (pp. 39–54). https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_3
Jerome, L., Kisby, B., Jerome, L., & Kisby, B. (2019b). Three Case Studies of Character Education in Practice. In The Rise of Character Education in Britain (pp. 83–106). https://doi.org/10.1007/978-3-030-27761-1_5
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 280–289.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kusrini, et al. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar (PPL 1) Berorientasi pada Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Lebeaume, J. (2011). Between Technology Education and Science Education. In Positioning Technology Education in the Curriculum (pp. 75–86). https://doi.org/10.1007/978-94-6091-675-5_7
Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Milner, H. R. (2010). Culture, Curriculum, and Identity in Education. In Culture, Curriculum, and Identity in Education (pp. 1–11). https://doi.org/10.1057/9780230105669_1
Muchit, S. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup. Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2008). Teaching Moral Character: Two
Alternatives for Teacher Education. The Teacher Educator, 43(2), 156– 172. https://doi.org/10.1080/08878730701838983
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoretis. Makasar: FTK UIN Makasar.
Nazarudin. (2007). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Ozar, D. T. (2018). Identifying Learning Objectives and Assessing Ethics Across the Curriculum Programs. In Ethics Across the Curriculum- Pedagogical Perspectives (pp. 55–71). https://doi.org/10.1007/978-3-319- 78939-2_4
Park, N. (2004, January). Character Strengths and Positive Youth Development. Annals of the American Academy of Political and Social Science, Vol. 591, pp. 40–54. https://doi.org/10.1177/0002716203260079
Samani, et al. (2017). Konsep dan Model: Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Supriati, A., & Umar, M. (2018). Optimization of the Civic Education as the Effort to Strengthen National Character in Multicultural Community. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.46
Suwardi. (2007). Manajemen Pembelajaran, Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Wueste, D. E. (2018). Linking Academic Integrity and Ethics Across the Curriculum: Groundwork for Sustainability in Practical and Professional Ethics. In Ethics Across the Curriculum-Pedagogical Perspectives (pp. 303– 326). https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_19
Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.
Suningsih, R., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SD Negeri No. 107441 Pematang Guntung Kec. Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 133-138.
Latifatma, N., Ananda, K., Tanjung, E. P. P., Thohir, U. F., Sonia, A., Siregar, D. A., ... & Handayani, F. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 44-54.
Handayani, F., Sagala, A. H., Dlt, H. M., Nurhaliza, I., Zahra, L., Akbar, P., ... & Hasanah, U. (2023). Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Di Sma Cerdas Murni. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2060-2065.
Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887-894.
Julyanti, N., Parinduri, S. A., & Pratiwi, I. D. (2023). The influence of the Completeness of Islamic Religious Education Learning Facilities on Student Learning Outcomes at UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo Medang Deras District Coal District. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 55-61.
Sahara, A., Parinduri, S. A., & Nasution, H. S. (2023). The Role Of Islamic Community Figures In Fostering Youth Religious Activities At The Al-Amin Mosque In Kuala Tanjung Village, Sei Suka District, Batu Bara Regency. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 87-92.
Prayogi, E., Idris, M., & Pratiwi, I. D. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Sebagai Bentuk Kedisiplinan Di Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 161-166.
Pratiwi, I. D. (2023). Telaah Buku Referensi Sejarah Pendidikan Islam Di Sekolah Tinggi Agama Islam Tebing Tinggi Deli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3119-3127.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahimah Husnayani, Uswatun Hasanah Usnur (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.