Implementasi Pembelajaran Seni Musik Melalui Media Audio Visual Youtube Di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Media Audio Visual, Youtube, Seni MusikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran seni musik menggunakan media audio visual YouTube di sekolah dasar. Dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan platform digital dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran seni, menjadi semakin relevan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan yang tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hal ini diharapkan mampu menuliskan permasalahan untuk penyelesaiannya dengan menggunakan penelitian literasi dan dapat diterapkan di sekolah dasar juga. Penelitian ini menggunakan studi pustaka. Penelitian studi pustaka adalah metode penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, membaca, dan menganalisis berbagai literatur, buku, artikel ilmiah, jurnal, dokumen, atau sumber tertulis lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami konsep, teori, atau temuan sebelumnya sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan penelitian atau mengembangkan pemahaman baru. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual YouTube dapat meningkatkan minat belajar siswa, memudahkan pemahaman konsep musik, dan memperkaya pengalaman belajar. Media ini juga memungkinkan guru untuk mengakses berbagai sumber daya musik yang bervariasi dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media audio visual dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar siswa. Proses pembelajaran seni musik dengan menggunakan media audio visual youtube di sekolah dasar dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran video youtube.
Unduhan
Referensi
Ana Rofatul Lutfiyah, Veryliana Purnamasari, & Iin Purnamasari. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SATUAN BERAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TANGGA TURUNAN PADA
PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 404–414. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1415
Fitra Muhtasyam Marijo, M. O. D. S., & Mari’i, M. (2022a). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK TINGKAT DASAR. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.60
Fitra Muhtasyam Marijo, M. O. D. S., & Mari’i, M. (2022b). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK TINGKAT DASAR. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.60
Noorvita Murdyanti, Ari Widyaningrum, & Sunan Baedowi. (2023). PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL YOUTUBE BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BULUROTO. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1092–
Qalbi, F. A., Safrizal, S., & Anastasha, D. A. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KECERDASAN MUSIKAL PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH
DASAR NEGERI PAYAKUMBUH. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 24–31.
Yunita, A. T., Prasetiyo, A., & Astanta, A. T. A. (2021). IMPLEMENTASI MATERI MUSIK BERDASARKAN KURIKULUM TEMATIK 2013 Sekolah Dasar di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta. PROMUSIKA, 9(1), 39–50.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fityan Rizqiya Maulida, Khanifah, Nabila Zidni Ilma, Miftahussurur, Roma Aristiyanto (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.