Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Multikulturalisme Di Madrasah
Kata Kunci:
Guru PAI, Nilai Multikulturalisme, MadrasahAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme di lingkungan madrasah. Madrasah memiliki peran strategis sebagai lembaga pendidikan dalam masyarakat Indonesia yang majemuk karena mereka tidak hanya mengajarkan nilai-nilai Islam tetapi juga membangun karakter peserta didik agar mampu bersatu dalam keberagaman. Metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka digunakan dalam penelitian ini. Berbagai sumber literatur, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen lainnya, dievaluasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memainkan peran penting sebagai pendidik, pembimbing, dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai multikultural seperti toleransi, saling menghargai, keadilan, dan kebersamaan. Nilai-nilai ini dapat ditanamkan melalui penggabungan materi ajar, metode pembelajaran yang partisipatif, serta sikap dan perilaku guru dalam kehidupan sehari-hari di madrasah. Oleh karena itu, guru PAI tidak hanya bertindak sebagai pendidik, tetapi juga berfungsi sebagai penggerak perubahan sosial dengan membangun generasi yang ramah dan menghargai perbedaan.
Unduhan
Referensi
Arsad, M. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di MAN 2 Tanjung Jabung Timur Nipah Panjang. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 88–101. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.167
Briliantara, T. U., & Salim, H. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 3 Purwodadi. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1936–1944. https://jurnaldidaktika.org
Habsy, B. A., April, A., Ivonesa, S., Islami, I. F., Jl, A., Wetan, L., Wetan, L., Lakarsantri, K., & Timur, J. (2024). Konsep Guru Sebagai Profesi. 2(6).
Halim, A. (2022). Chalim Journal of Teaching and Learning Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. 2, 66–76. https://doi.org/10.31538
Harahap, I. A., Fahmi, H. A., Harahap, I. M., & Farabi, M. Al. (2024). Implementasi Nilai Nilai Multikultural dalam Pendidikan : Analisis Peran dan Strategi Guru. 13(001), 573–584.
Hardiansyah, Maya, P. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Usia Remaja Kelas Viii Smp Bina Sejahtera Kota Bogor Tahun 2018. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 99–110.
Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Smk Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 146–157.
Ilmu Al-Qur, F., dan Tafsir, an, Sultan Abdurrahman, S., Asri, T., Toapaya, K., Bintan, K., & Riau, K. (2023). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Dalam Islam Pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 05(03), 5543–5555.
Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis (Vol. 12).
Meyniar Albina, Wildan Sitorus, Azra Munazah Pulungan, & A. Zeni Azima. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Pendidikan (Suatu Alternatif Menumbuhkan Rasa Persaudaraan & Saling Menghormati). Cemara Education and Science, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.62145/ces.v2i1.62
Miftakhu, A. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME. 5(1), 1–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550530
Mukarromah, I., Syukron, B., & Fathonah, I. (2021). Nilai Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(01), 93. https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1599
Nurasmawi, & Ristiliana. (2021). BUKU PENDIDIKAN MULTIKULTURAL_compressed_compressed.pdf.
Nurul Hidayati, Achmad Yusuf, Moch. Nasir, & Askhabul kirom. (2023). Relevansi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.22
Pai, P., Sma, D. I., & Sidoarjo, N. (2024). INTEGRASI NILAI MULTIKULTURALISME DALAM. 1(1), 242–251.
Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah SiswaRidwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sh. Journal on Education, 5(4), 12026–12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164
S. Candra, I.W. Lasmawan, & I.N. Suastika. (2021). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kehidupan Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.241
Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Pendidikan Tanpa Kekerasan). Raheema, 2(1), 91–113. https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.172
Saputri, S. I. F. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 …. Jurnal Improvement Vol, 9(1), 65–81. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/view/27017%0Ahttp://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement/article/download/27017/12845
Sulaiman, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di SDN Pekuncen Kota Pasuruan. XVI(1), 159–179.
Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Sumirah, S., Arsyad, M., & Sukarno, S. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Siswa. Journal of Educational Research, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.215
Ubadah. (2022). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Konsep, Pendekatan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran). iqrapalu@gmail.com
Yati, F., & Santoso, G. (2022). Peradaban Dan Kebudayaan ; Nilai-Nilai Universal dalam Pendidikan Multikultural Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). Jurnal Pendidikan Transformatif, 01(03), 173–182.
Zulia Putri, Sarmidin, I. M. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Kegamaan Siswa. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 M. Rafi Alfazri, Widya Lestari, Zanita Fidela, Herelini Puspika Sari (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.