Pengaruh Tata Tertib Dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1Tebing Syahbandar

Penulis

  • Lisa Utami STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Herry Syahbannuddin Nasution STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Sari Atika Parinduri STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Tata tertib, Keteladanan Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa

Abstrak

Pengaruh Tata Tertib Dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebingtinggi Deli. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan anatara tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA N 1 Tebing Syahbandar, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA N 1 Tebing Syahbandar, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tata tertib dan keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA N1 Tebing Syahbandar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar, yang berjumlah 143 siswa (responden). Dimana thitung > ttabel (2,421> 1,655) dan nilai sig (0,185 > 0,05). Sehingga menurut kriteria Uji hipotesis secara persial, hipotesis pertama diterima yang berarti, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA N 1 Tebing Syahbandar. Hasil Uji T untuk variabel keteladanan guru, menunjukkan hasil nilai thitung sebesar 7,909, dan nilai sig 0,000. Dimana thitung > ttabel (7,909 > 1,655) dan nilai sig (0,000 < 0,05) maka hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA N 1 Tebing Syahbandar. Hasil Uji F di peroleh Fhitung sebesar 38.283 dengan nilai probabilitas (sig) =0,000. Nilai Fhitung (38.283) > Ftabel (3,06) dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0.05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis “ada pengaruh positif signifikan tata tertib dan keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar diterima”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel tata tertib dan variabel keteladanan guru secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd ) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12.

Ali, M. (2017). Hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 82–97.

Almeida, C. S. de, Miccoli, L. S., Andhini, N. F., Aranha, S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Bachman, L., Chick, K., Curtis, D., Peirce, B. N., Askey, D., Rubin, J., Egnatoff, D. W. J., Uhl Chamot, A., El‐Dinary, P. B., Scott, J.; Marshall, G., Prensky, M., … Title. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Azis, H. A. (2016). Karakter Guru Profesional, Jakarta. Al-Mawardi Prima.

Azman, Z. (2018). Urgensi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 12–24.

Dr. Imam Machali, M. P. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

Ekayanti, Y., & Syafdaningsih, S. (2023). Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten …. 27–44.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45.

Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1–8.

Hanifah, H. (2019). Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. INTAJUNA: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 14–20.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Irwansa, A., & Maf’ul, M. A. (2016). Analisis pelaksanaan tata tertib sekolah pada siswa di smk negeri 1 makassar. Jurnal Tomalebbi, 2(1), 1–13.

Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384.

Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya secara terpadu Dilingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mentor, K. P. (2017). Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Perilaku Peserta Didik.

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.

Misdar, M. (2017). Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran (Suatu Tinjauan Teoritis). At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(1), 1–16.

Muzdalifah, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Mts Miftahul Huda Lehan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur. IAIN Metro.

Muzdalifah, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur Oleh : Maharani Muzdalifah NPM . 1601010152 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish.

Pelawi, J. T., & Is, M. F. (2021). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur). Jurnal Education and Development, 9(2), 562–566.

Prasetya, S. (2016). Pengaruh Disiplin Tata Tertib Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Eksekutif, 13(2), 249–263.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Riduwan, M. B. A. (2022). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.

Risma, R., Suarni, W. O., & Arifyanto, A. T. (2020). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Jurnal Bening, 4(1), 87–98.

Rosesti, W. (2020). Pembinaan Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 772–780.

Rosyidi, H. (2015). Psikologi Kepribadian: Paradigma Traits, Kognitif, Behavioristik dan Humanistik. Jaudar Press.

Setyaningsih, N. (2017). Pengaruh keteladanan guru Terhadap Kedisiplinan Siswa di MTsN 1 Lampung Timur. IAIN Metro.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232.

Sutrisno, W. E. (2018). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Disiplin Siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur. IAIN Metro.

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), 49–60.

Zahroh, L. (2018). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Keislaman, 1(2), 186–201.Natsir, N. F. (2007). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Educationist, 1(1), 2–22.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Utami, L., Nasution, H. S., & Parinduri, S. A. (2024). Pengaruh Tata Tertib Dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1Tebing Syahbandar. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 148-157. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/99

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 75

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.