Penguatan Nilai Tauhid Dalam Pendidikan Remaja Islam
Kata Kunci:
Tauhid, Pendidikan Islam, Remaja, Nilai Keislaman, Pembentukan KarakterAbstrak
Nilai tauhid merupakan fondasi utama dalam ajaran Islam yang menekankan keesaan Allah sebagai pusat kehidupan spiritual dan sosial seorang Muslim. Dalam konteks remaja, masa transisi dari anak-anak menuju dewasa menjadi fase krusial dalam pembentukan identitas dan keyakinan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penguatan nilai tauhid dalam pendidikan remaja Islam serta strategi yang efektif dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif terhadap sumber-sumber literatur klasik dan kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa penguatan tauhid dapat menumbuhkan kesadaran spiritual, ketahanan moral, serta mendorong perilaku positif di kalangan remaja Muslim. Strategi penguatan nilai tauhid antara lain melalui keteladanan guru dan orang tua, integrasi nilai tauhid dalam kurikulum pendidikan, serta penguatan kegiatan keagamaan yang aplikatif dan kontekstual. Diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai tauhid secara komprehensif agar generasi muda tumbuh menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sosial.
Unduhan
Referensi
Agustiana, I., & Asshidiqi, H. G. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model Pembelajaran VAK. Volume 23(Issue Vol. 23 No. 2 (2022)), 2.
Faisal, M. (2022). Penguatan Nilai Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kisah Kisah Al Qur’an Persepektif Tafsir Tarbawi. Https://Jurnal.Insida.Ac.Id/Index.Php/Attaqwa/Article/View/212, 44.
Fauziah, P. S. R., & Roestamy, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid (Tim RGP, Ed.; Ed. 1). Rajawali Printing.
Hosaini, Subaidi, Hamzah, Z. M., Simbolon, Y. N., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement and Pesantren Tradition. Https://Jahe.or.Id/Index.Php/Jahe/Index, Volume 4, No. 4, Tahun 2024, 2.
Junaidi, M. (2023). Pendidikan Anak-Anak Persepektif Al-Qur’an Dan Hadist. Issue Vol 6 No 1 (2023): January 2023, 9.
Mufidah, D., Sutono, A., Purnamasari, I., & Sulianto Joko. (n.d.). Integrasi Nilai Nilai Islami Dan Penguatan Pendidikan Berkarakter. UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press .
Murdianto. (2024). Pendidikan Karakter Islami Membangun Generasi Berakhlak Mulia Di Era Digital (S. Jayadi, Ed.).
Solihin, A., Wahid, A. H., & Fikri, A. (2023). Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist. Issue Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Multidisiplin Indonesia, 5.
Wahidi, R. (2016). Tafsir Ayat-Ayat Tarbawi (Warsiyah, Ed.). Trussmedia Grafika.
Zaini, A., Arifin, Z., Rosidi, A., & Hasibullah, U. M. (2021). Pendidikan Tauhid dalam Keluarga Perspektif Sumber Normativitas Islam. Https://Jurnal.Stitnualhikmah.Ac.Id/Index.Php/Proceedings/Article/View/855, Issue Vol. 5 No. 1 (2021): ISBN 978-623-95373-4-0, 3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Zein Damanik, Tria Silvia Nasabilla, Nurul Zannah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.