Konsep-Konsep Inovasi Pendidikan

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Manda Alief Mawadda STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Inovasi Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Kurikulum Adaptif, Pembelajaran Abad Ke-21, Reformasi Pedagogis

Abstrak

Inovasi pendidikan merupakan respons terhadap dinamika zaman yang terus berubah, ditandai oleh perkembangan teknologi, kebutuhan sosial, dan tuntutan globalisasi. Konsep-konsep inovasi pendidikan hadir sebagai upaya strategis dalam mereformasi sistem pembelajaran yang tradisional menuju sistem yang lebih adaptif, inklusif, dan transformatif. Inovasi dalam pendidikan tidak hanya mencakup penerapan teknologi digital dalam proses belajar-mengajar, tetapi juga mencakup pendekatan pedagogis baru, model kurikulum yang fleksibel, serta peran aktif peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Artikel ini membahas secara mendalam berbagai konsep inovasi pendidikan, mulai dari inovasi berbasis teknologi, inovasi kurikulum, pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif, hingga pembelajaran yang menekankan pada pengembangan karakter dan kecakapan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai metode utama, merujuk pada berbagai teori dan praktik terbaik dari literatur akademik maupun kebijakan pendidikan terkini. Temuan menunjukkan bahwa keberhasilan inovasi pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan para pemangku kepentingan, dukungan kebijakan yang progresif, serta integrasi antara nilai-nilai lokal dan perkembangan global. Dengan memahami konsep-konsep dasar dan implementasi inovasi pendidikan, diharapkan tercipta ekosistem pembelajaran yang lebih relevan dan berdaya saing tinggi dalam menjawab tantangan pendidikan di era modern.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Badai Mutiara Rezeki Nasution.(2024).Hakikat Inovasi Pendidikan.Ami:Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(2).

Muqoffi,dkk. (2022). Karakteristik dan Strategi Inovasi Pendidikan. Kabilah: Journal of Social Community, 7(1).

Rusydi Ananda, dkk.(2017).Inovasi Pendidikan:Melejitkan Potensi Tekonologi dan Inovasi Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Satriani.(2018).Inovasi Pendidikan:Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).

Sobry Sutikno.(2021).Inovasi Pendidikan (CetakanPe). Sanabil.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). Teachers College Press.

Heick, T. (2015). What is personalized learning? Retrieved from https://www.teachthought.com

Krippendorff, K. (2013). Content analysis: An introduction to its methodology (3rd ed.). SAGE Publications.

Priestley, M., & Biesta, G. (2013). Reinventing the curriculum: New trends in curriculum policy and practice. Bloomsbury Publishing.

Sahlberg, P. (2011). Finnish lessons: What can the world learn from educational change in Finland? Teachers College Press.

Spector, J. M. (2015). Foundations of educational technology: Integrative approaches and interdisciplinary perspectives (2nd ed.). Routledge.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation. Retrieved from https://www.bie.org

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Novianti, W., Rambe, M. S., & Sartika, L. (2023). Pelatihan Penggunaan Paltform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah Aliyah Yapi Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. INOVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Damanik, M. Z. ., & Mawadda, M. A. . (2025). Konsep-Konsep Inovasi Pendidikan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 345-349. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/349

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1-10 dari 145

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.