Inovasi Dalam Pembelajaran
Kata Kunci:
Inovasi Pembelajaran, Quantum Learning, Pembelajaran Kompetensi, Pembelajaran Kontekstual, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi dalam pembelajaran yang diterapkan di lingkungan sekolah, serta menganalisis pengaruh dan efektivitas inovasi tersebut terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Fokus utama kajian ini meliputi tiga bentuk inovasi pembelajaran, yaitu Quantum Learning, Pembelajaran Berbasis Kompetensi, dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Ketiga pendekatan ini dianggap mampu menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, dan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ketiga inovasi pembelajaran tersebut mampu meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta hasil belajar peserta didik. Selain itu, inovasi pembelajaran juga menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan inovasi pembelajaran yang tepat sangat penting dalam menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Unduhan
Referensi
Anderson, R., & Dexter, S. (2020). "School technology leadership: Anempiricalinvestigation of prevalence and effect." Educational Administration Quarterly, 41(1), 49-82.
Cuban, L. (2019). "Oversold and underused: Computers in the classroom." Harvard University Press.
Christensen, C. M., Horn, M. B., & Staker, H. (2019). "Is K-12 blended learning disruptive? An introduction to the theory of hybrids." Clayton Christensen Institute.
Ertmer, P. A. (2021). "Addressing first-and second-order barriers to change: Strategies for technology integration." Educational Technology Research and Development, 47(4), 47-61.
Fullan, M. (2022). "Stratosphere: Integrating Technology, Pedagogy, and Change Knowledge." Pearson.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2023). "Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge." Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.Puentedura, R. (2006). "Transformation, technology. and education."
Rogers, E. M. (2003). "Diffusion of innovations." Free Press,
Depdiknas. (2002). Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Devy Rinjani. (2017). Pembelajaran Quantum dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 4(2), 101–115.
Diatmika, I. G. P. (2018). Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 45–52.
Handayani, A. (2022). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Quantum Learning di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 78–86.
Nugroho, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 22–30.
Rifkisyahputra, M., Wulandari, S., & Permana, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 134–142.
Syamiya, N., Fadillah, R., & Pratama, H. (2022). Karakteristik Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Implikasinya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(4), 77–84.
Tahya, S., & Saija, M. (2023). Penerapan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 12(1), 55–64.
Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.
Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.
Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.
Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Zein Damanik, Nazwa Nurfhadilla (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.