Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Industri E-Commerce Shopee Indonesia
Kata Kunci:
Strategi Manajemen Inovasi, Shopee, E-commerce.Abstrak
Salah satu peluang bisnis baru yang dimungkinkan oleh kemajuan teknologi yang dimungkinkan oleh internet adalah perluasan e-commerce. Salah satu teknologi paling mutakhir yang mendorong pertumbuhan bisnis digital di Indonesia adalah e-commerce. Namun, dengan ekspansi yang begitu cepat muncul banyak masalah bagi bisnis yang ingin masuk ke pasar. Untuk berkembang dalam lingkungan yang dinamis ini, perusahaan memerlukan strategi yang efektif, dan manajemen inovasi adalah salah satunya. Meneliti bagaimana perusahaan e-commerce menggunakan strategi manajemen inovasi untuk tetap kompetitif adalah tujuan utama dari penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan pustaka untuk mengumpulkan datanya. Setelah pengumpulan data selesai, ada tiga langkah analisis: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Shopee Indonesia, sebuah perusahaan e-commerce, memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi pengecer online papan atas, berkat berbagai pilihan barang dan layanan berkualitas tinggi, harga yang wajar, dan langkah-langkah keamanan yang andal untuk semua transaksi keuangan. Selain itu, jelas bahwa hadiah Shopee, termasuk koin, layanan pengiriman, dan acara bulanan terkini, memiliki efek menguntungkan pada hubungan antara loyalitas pelanggan Shopee dan hadiah.
Unduhan
Referensi
Ananto, R. P. (2015). Analisis Model Altman Modifikasi dan Model Springate dalam Memprediksi Kondisi Delisting pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 4(1).
Darma, D. A., Abdussamad, Z. K., & Rahman, E. (2022). Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 238–250.
Fahmila, S. F. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan.
Firdausi, N., Septianto, A., Nathaniela, T. C., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Apa yang Dimaksud dengan Inovasi Model Bisnis? Center for Open Science.
Indrayani, H. (2012). Penerapan teknologi informasi dalam peningkatan efektivitas, efisiensi dan produktivitas perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis– ISSN, 2085(1375), 161–171.
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Maryama, S. (2013). Penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 73–79.
Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).
Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis strategi daya saing (competitive advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1–14.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 102–107.
Nurjanah, S. (2015). Peranan Manajemen inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1), 27–33.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Permana, M. V. (2013). Peningkatan kepuasan pelanggan melalui kualitas produk dan kualitas layanan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).
Rofaida, R., Aryanti, A. N., & Perdana, Y. (2019). Strategi inovasi pada industri kreatif digital: Upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414.
Sartika, D. (2015). Inovasi organisasi dan kinerja organisasi: Studi kasus pada pusat kajian dan pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Borneo Administrator, 11(2).
Shopee. (2022a). Apa Itu Shopee Affiliate Program? Yuk, Cari Tahu dan Dapatkan Penghasilan Tambahan! Shopee.Co.Id. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/shopeeaffiliates-program/amp/
Shopee. (2022b). Jaringan Influencer Shopee. Seller.Shopee.Co.Id. https://seller.shopee.co.id/edu/article/11241
Suatama, J. (2013). Analisis strategi inovasi atribut produk dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada skuter matik merek honda vario di kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 131525.
Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314.
Wibowo, G., & Soeprihattanto, R. B. (2020). Manajemen Inovasi: Promosi Dalam Mendukung Sistem Merit di BKD Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen Publik Dan Kebijakan Publik (JMPKP), 2(1).
Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217–227.
Winarso, B. (2021). 5 Program Affiliate Indonesia, Peluang Dapat Duit Online Tanpa Modal. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/program-affiliate-indonesia
Wulandari, A., & Anwar, K. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Akuntansi Bisnis dan Keuangan, 3.
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce terhadap minat berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69.
Yuliani, D. (2020). Perbandingan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia dan China dalam Bidang e-Commerce. Universitas Ahmad Dahlan
Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53
Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Annisa Istiqomah, Niken Permata Putri, Rahma Annisa, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.