Analisis SWOT Dalam Pengelolaan Strategi Bisnis: Studi Kasus Rumah Makan Pindang Sehat Di Bandar Lampung

Penulis

  • Muhamad Khoirun Nasihin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Rizka Maharani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Agustin Azizatuz Zahro Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Vicky F Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Manajemen Pemasaran; Manajemen Strategi, Rumah Makan Pindang Sehat

Abstrak

Tujuan daripada penelitian ini adalah mencari dan menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk rumah makan Pindang sehat. Jenis penelitian yang Peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah wawancara dan observasi secara langsung kepada manajemen atau pemilik dari rumah makan Pindang Sehat. Analisis deskriptif kualitatif adalah analisis data yang tidak menggunakan angka, tetapi menggunakan informasi yang diperoleh dari hasil penelitian dalam bentuk kalimat deskripsi. Teknik analis data yang digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian ini adalah analisis SWOT. Dalam analisis SWOT menjelaskan bagaimana faktor internal dan eksternal yang akan menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman pada rumah makan Pindang sehat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan pada kuadran II, yaitu penerapan strategi diversifikasi. Strategi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar atau produk guna meningkatkan daya saing. Diversifikasi dapat memanfaatkan peluang di pasar baru sambil mengurangi risiko dari ketergantungan pada satu hal saja. Penggunaan strategi yang memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk mengatasi kelemahan perusahaan menghadapi serta memberikan perhatian pada ancaman yang akan terjadi. Strategi diversifikasi yang dapat diterapkan oleh Rumah Makan Pindang Sehat adalah menambah menu baru seperti makanan ringan ataupun makanan manis, agar para pembeli yang hendak membawa anaknya tidak merasa khawatir akan makanannya, para pembeli dapat memesan makanan yang dapat mereka konsumsi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abd Rahman Rahim, H., & Radjab, E. (2020). MANAJEMEN STRATEGI. Lembaga Pustaka dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makasar.

Abdussamad, Z. (2021). Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif. CV Syakir Media Pres.

Bagus Hartanto, A., Kholil, M., Meruya Selatan, J., & Jeruk -Jakarta Barat, K. (2015). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus :pada perusahaan trading PT. PTG). Ratih: Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 1(2).

Cipta, H., & Hatamar. (2020). Buku Analisis SWOT Hendra Cipta dan Hatamar.

Feriandy, Pasya Abdila, K., & Masrifah, I. (2023). ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH SABLON (STUDI KASUS UMKM ONDERDIL SABLON, KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA).

Finsa, M., & Putra, A. (2023). Jurnal Penelitian Pariwisata. Jurnal Penelitian Pariwisata.

Ford, E. Joan. (2024). MANAJEMEN STRATEGIK. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Fostin Hokianto, H., & Jurnal, A. : (2023). Analisis SWOT Pada Usaha Kuliner (Studi Pada Warung Mas Damar Di Kota Pontianak) SWOT Analysis On A Culinary Business (A Study On Warung Mas Damar In Pontianak). Jurnal Aksioma, 2(2), 101–107.

Fredi Rangkuti. (2006). ANALISIS SWOT TEKNIK MEMBEDAH KSUS BISNIS. PT Gramedia Pustaka Utama.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN. Pascal Book.

Heryana, A. (2018). Informan dan pemilihan informan dalam penelitian kualitatif.

Haerawan, & Magang, Y. H. (2019). Haerawan dan Magang: Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran« ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN ALAT RUMAH TANGGA DI PT IMPRESSINDO KARYA STEEL JAKARTA-PUSAT. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 5(2).

Keuangan, K., Keuangan Keuangan 280, K., Keuangan, J., & Perbankan, D. (2009). STRATEGI DIVERSIFIKASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. 13(2), 280–287.

Kurniasih, D., Rusfiana, Y., Subagyo, A., & Nuradhawati, R. (2021). Teknik Analisa. CV Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Legionosuko, T., Ip, S., Ap, M., Widjayanto, J., Sos, S., Nengah, I., Apriyanto, P., Si, M., Kunto, H. ), & Ap, W. (n.d.). ANALISIS ADAPTIF, DINAMISASI METODE ANALISIS SWOT. www.idu.ac.id

Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Harfia Creative, Trans.).

Nazarudin, M. H. (2020). MANAJEMEN STRATEGIK. CV.Amanah.

Ngatno. (2016). MANAJEMEN PEMASARAN (1st ed.). EF Press Digimedia.

Ngurah, G., Wiswasta, A., Ayu, G., Agung, A., & Made Tamba, I. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). Universitas Mahasaraswati Press. www.unmas.ac.id

Pahlevi, C., & Musa, M. I. (2023). MANAJAMEN STRATEGI. Penerbit Intelektual Karya Nusantara.

Qanita, A., Sunan, U., & Surabaya, A. (2020). ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2).

Rahayu, H. P., Alhada, M., & Habib, F. (2023). STRATEGI PEMASARAN NOVI ULVIA MUA DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Vol. 8, Issue 1).

Suardhika, I. N. (2018). Manajemen Strategik Konsepsi Dasar dan Praktis Oleh: I Nengah Suardhika. CV. Noah Aletheia.

Sudirman, I., & Musa, M. I. (2023). STRATEGI PEMASARAN. Penerbit Intelektual Karya Nusantara.

Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis DATA KUALITATIF? Pusaka Media.

Sylvia, R., & Hayati, D. (2023). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK INDOSAT PADA PT X STIE NASIONAL BANJARMASIN (Vol. 16, Issue 1).

Yatminiwati, M. (2019). MANAJEMEN STRATEGI. Widya Gama Press.

Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53

Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Nasihin, M. K., Maharani, R. N., Zahro, A. A., & Sanjaya, V. F. (2024). Analisis SWOT Dalam Pengelolaan Strategi Bisnis: Studi Kasus Rumah Makan Pindang Sehat Di Bandar Lampung. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 88-99. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/216

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 26

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.