Analisis Strategi Pemasaran UMKM Usaha Arang Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Usaha Bapak Suwarto Tulang Bawang Barat)
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; ArangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran usaha arang Bapak Suwarto di Tulang Bawang Barat melalui pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Analisis SWOT merupakan salah satu alat analisis yang sering digunakan untuk merumuskan strategi perusahaan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung kepada pak Suwarto Tulang Bawang Barat pemilik usaha arang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama usaha ini meliputi daya bakar arang yang tinggi dan ketersediaan bahan baku melimpah. Namun, kelemahan seperti teknologi produksi tradisional dan kurangnya inovasi produk menjadi tantangan utama. Di sisi lain, peluang pasar ekspor dan diversifikasi produk memberikan potensi besar untuk pengembangan usaha. Ancaman seperti regulasi lingkungan dan ketergantungan pada konsumen tetap harus dikelola dengan baik. Strategi diversifikasi direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing dan memanfaatkan kekuatan internal.
Unduhan
Referensi
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(3), 396-416.
Remetwa, M. G. K., Ardianto, Y. T., & Sisharini, N. (2018). Analisis strategi dan sistem informasi manajemen dengan menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) pada Kantor Pos Malang 65100. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 38-45.
Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 36-52
Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 87-100.
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.
Elyarni, R., & Hermanto, H. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17(02), 81-88.
Dewi, R., Azhari, A., & Nofriadi, I. (2021). Aktivasi karbon dari kulit pinang dengan menggunakan aktivator kimia KOH. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 9(2), 12-22
Atika, D., Zulkarnian, I. ., & Bin Ismail, M. A. K. (2024). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Tentang Minat Mahasiswa Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 19-25. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/53
Yusman, Nasution, R. H., Puspita, D., Fauzi, A. M. F., & Sari, D. R. (2024). SWOT Analysis Of Deposito Marketing Strategies At PT. Bank Muamalat Indonesia. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 41-48. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/202
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nadia Ramadhani, Desi Puspita , Wildan Fathon Ardifa, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.