Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi Kasus Rokez Roti Keset Cabang Ryacudu)
Kata Kunci:
Analisis SWOT, Matriks SWOT, Strategi Pemasaran.Abstrak
Rokez Roti Keset adalah salah satu toko roti yang paling populer di kalangan masyarakat Bandar Lampung. Toko ini telah berhasil menarik perhatian banyak pelanggan dengan berbagai pilihan roti yang lezat dan berkualitas. Namun, Rokez Roti Keset menghadapi persaingan yang cukup ketat dari berbagai pesaing di industri kuliner, yang juga menawarkan produk serupa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran Rokez Roti Keset dengan menggunakan analisis SWOT dan matriks SWOT. Melalui analisis ini, kami dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh toko roti ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, strategi yang diusulkan untuk memperluas jangkauan Rokez Roti Keset meliputi pemanfaatan variasi menu yang lebih beragam untuk meningkatkan penjualan, terutama melalui layanan pengiriman yang semakin diminati oleh konsumen. Selain itu, pengembangan branding yang kuat sangat penting untuk menarik minat investor, dengan memanfaatkan keberagaman menu yang ada sebagai daya tarik. Terakhir, peningkatan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia, seperti media sosial dan aplikasi mobile, dapat membantu Rokez Roti Keset menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan visibilitas merek di pasar yang kompetitif ini.
Unduhan
Referensi
Akhiri, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Tipe Nmax. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 50–63. https://doi.org/10.37385/msej.v1i1.30
Andriani, D., & Kamaruddin, S. A. (2024). Pemasaran. Inovasi Dan Kreativitas Dalam Ekonomi, 7(1), 140–144. https://ojs.co.id/1/index.php/ike/article/view/702/833
Khairunnisaa, K., Irachmi, D., Lestari, D., Rahayu, F., & Sanjaya, V. F. (2020). Analisis Swot terhadap Strategi Pemasaran Rumah Makan Sambel Alu. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 145–159. https://doi.org/10.23960/jbm.v16i2.78
Leni Nuraeni, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.
MAS’ARI, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2020). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79. https://doi.org/10.24014/jti.v5i2.8997
Muhammad Supriyanto, & Muhammad Taali. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di the Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458
Nofiani, P. W., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya Perilaku Organisasi dan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/logistik/index
Nugroho, R., E. J. (2013). Pengaruh People , Physical Evidence , Product , Promotion , Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2) : 1–9. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dhea Yunita, Dhiya Laila Az Zahra, Nahya Fitri Annisa, Vicky F Sanjaya (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.