Analisis SWOT Dalam Pengelolaan Strategi Bisnis Pada Ninda Tapis Lampung

Penulis

  • Daus Hartono Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Ripo Rikardo Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Arjun Dzaki Alfin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis
  • Vicky F Sanjaya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Penulis

Kata Kunci:

Analisis SWOT, Kuliner, Strategi Bisnis

Abstrak

Penelitian ini menganalisis strategi bisnis Toko Tapis Ninda, sebuah usaha berbasis budaya lokal yang memproduksi kain adat Lampung dengan desain inovatif dan berkualitas, melalui pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama terletak pada kualitas produk dan kreativitas desain, sedangkan kelemahan meliputi lokasi yang kurang strategis dan jam operasional yang terbatas. Peluang meliputi dukungan pemerintah terhadap industri kreatif dan kemudahan distribusi melalui platform digital, sedangkan ancaman berasal dari pesaing sejenis dan motif imitasi yang murah. Strategi yang diusulkan meliputi penguatan promosi digital, pengembangan platform pembelian online, dan diversifikasi pemasok untuk menjaga stabilitas produksi. Dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal, Toko Tapis Ninda diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya di pasar lokal dan daya tarik internasional, serta melestarikan warisan budaya Lampung.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Afrianto, Matthew Tristan, And Budi Setiawan, ‘Analisis Swot Dalam Pengembangan Usaha Kuliner Mie Koclok Di Cirebon’, 1, 2024, Pp. 1–17

Ekonomi, Fakultas, And Universitas Brawijaya, ‘Jki 3.2.2024’, 3.2 (2024), Pp. 331–44

Ichsan, Muhammad, ‘Pengelolaan Perpustakaan Di Man 6 Aceh Besar’, Skripsi, 2018, P. 95

Komang, N I, Gita Prastya, Jurusan Administrasi Bisnis, And Politeknik Negeri Bali, ‘Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Meeting Package’, 2023

Monica, Manuel Agnesia Anggi, Khosmas Khosmas, And Okianna Okianna, ‘Analisis Strategi Industri Kreatif Dalam Meningkatkan Daya Saing Pelaku Distro Clothing Di Kota Pontianak’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9.10 (2020), Pp. 1–10

Performance, Improve Sales, Ahmad Kevin Alfirdaus, Agung Winarno, Magister Manajemen, And Universitas Negeri Malang, ‘Literasi Manajemen Umkm Aniza Collection Dalam Bidang Tas Dan Aksesoris Guna Meningkatkan Peforma Penjualan’, Jipm:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1.4 (2023), Pp. 221–29

Rudi, Haryono, Kepercayaan, Minat Menabung, And D I Bank, ‘Rudi Haryono’, 1.12 (2021), Pp. 2338–46

Safitri, Pony, And Zakia Fajrin, ‘Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang’, E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22.1 (2019), Pp. 61–74,

Sutrimono, ‘Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Sewa Mobil Di Rental Restu Kabupaten Biak Numfor’, Jurnal “Gema Kampus”, 13.1 (2018), Pp. 1–7

Syafikarani, Aisyi, ‘Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Pemasaran Album K-Pop (Studi Kasus : Weverse Shop – Bts)’, Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8.1 (2021), P. 1

Zed, Etty Zuliawati, Nanci Margaret Teresia N, And Suci Nur Utami, ‘Yume : Journal Of Management Efektivitas Penjualan Online Vs Offline Terhadap Pengembangan Usaha Study Kasus Pt Turmanerika Sukses Bersama’, 7.2 (2024), Pp. 1014–19

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-13

Cara Mengutip

Hartono, D., Rikardo, R., Alfin, A. D. ., & Sanjaya, V. F. . (2024). Analisis SWOT Dalam Pengelolaan Strategi Bisnis Pada Ninda Tapis Lampung. Al-A’mal : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 232-236. http://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/253

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 31

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.