Internalisasi Pendidikan Pesantren Berbasis Sintuwu Maroso (Persatuan Yang Kuat) Dalam Membangun Moderasi Beragama
Kata Kunci:
Internalisasi Pendidikan, Pendidikan Pesantren, Moderasi BeragamaAbstrak
Pendidikan pesantren memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan wawasan keagamaan santri. Pendekatan berbasis Sintuwu Maroso, yang mengedepankan prinsip persatuan yang kuat, merupakan strategi yang efektif dalam membangun Moderasi Beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai Sintuwu Maroso dapat memperkuat moderasi beragama di kalangan santri. Isu yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penguatan nilai-nilai Moderasi Beragama yang ada di lingkungan pesantren. Langkah-langkah pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti ialah dengan membaca literatur-literatur yang berkaitan dengan Moderasi Beragama di pesantren. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan Sintuwu Maroso, pesantren berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan toleran, memperkuat ikatan sosial antar santri, serta meningkatkan pemahaman dan penerimaan terhadap keragaman agama. Internalisasi nilai-nilai ini juga membantu dalam mengurangi potensi radikalisme dan konflik berbasis agama. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai persatuan dalam kurikulum pesantren untuk mendukung terciptanya masyarakat yang harmonis dan toleran.
Unduhan
Referensi
Khotimah, H., & Sa'i, M. (2020). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Arifin, S. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1991-1998.
Hidayat, R. (2022). Toleransi Dan Moderasi Beragama. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 49-60.
Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan strategi pengembangannya di pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.
Starkman, R. (2013). The concept of brotherhood: Beyond Arendt and the Muslim Brotherhood. Critical Review of International Social and Political Philosophy, 16(5), 595-613.
Alam, L. (2016). Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101-119.
Mukhibat, M. (2014). Deradikalisasi Dan Integrasi Nilai-Nilai Pluralitas Dalam Kurikulum Pesantren Salafi Haraki Di Indonesia. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 14(1), 181-204.
Yulianto, R. (2020). Implementasi budaya madrasah dalam membangun sikap moderasi beragama. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 111-123.
Mukhibat, M. (2014). Spritualisasi dan Konfigurasi Pendidikan Karakter Berparadigma Kebangsaan dalam Kurikulum 2013. Al-Ulum, 14(1), 23-42.
Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh dan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 97-107.
Massoweang, A. K. (2021). Moderasi Beragama Dalam Lektur Keagamaan Islam di Kawasan Timur Indonesia.
Maksum, A. (2015). Model pendidikan toleransi di pesantren modern dan salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 81-108.
Ponno, A. T., Reniati, R., Sambo, Y., Tangnga, S., & Mean, R. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Lingkup Masyarakat Majemuk. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(5), 356-365.
Idrus, A. M., Laman, I., & Asti, M. J. (2024). Penyebaran Pemahaman Moderasi dalam Menangkal Paham Radikalisme di Pondok Pesantren Kabupaten Bantaeng. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 285-298.
Hafsawati, N. H., & A’yun, Q. (2023). Moderasi Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Miftahul Jannah Randuagung Lumajang). Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 3(2), 181-196.
Husna, S. K. I., & Najicha, F. U. (2023). Pancasila dan Hubungannya dengan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 104-112.
Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 34-39.
Masturaini, M. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Shohifatusshofa NW Rawamangun Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara) (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Chamidah, W. A. Peran Pesantren Darus-Sunnah dalam Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Mahasantri Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Masti Yanto (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.